SITARO, (25/6) AntaraSulut - Hingga masa pendaftaran calon anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) berakhir pada Kamis petang, namun pendaftar masih sangat minim sehingga Panitia Pengawas (Panwas) Kabupaten Siau Tagulandang Biaro memperpanjang masa pendaftaran hingga akhir pekan ini.

"Terlalu sedikit pendaftar sehingga kita berkonsultasi ke Bawaslu Provinsi dan diberi petunjuk memperpanjang Sesuai masa pendaftaran hari ini hingga Sabtu 27 Juni," kata Pimpinan Divisi SDM Panwas Sitaro, Lus Salindeho, di Ondong Kamis petang.

Data di Panwas Sitaro, total pendaftar di 10 kecamatan berjumlah 44. Di Siau Barat Selatan dan Siau Barat Utara, dan Tagulandang Utara tiga orang yang mendaftar. Pendaftar terbanyak di Siau Timur Selatan, yaitu tujuh orang.

Kecamatan Siau Timur dengan jumlah kampung dan kelurahan terbanyak hanya empat pendaftar, sama dengan Siau Tengah yang hanya empat kampung. Jumlah yang sama tercatat di Tagulandang Selatan. Sementara Siau Tengah, Biaro dan Tagulandang tercatat lima pendaftar.

Berdasarkan dokumen yang diterima, kata Salindeho, pendaftar Panwascam didominasi oleh kaum perempuan. Kecamatan Siau Tengah dengan empat pendaftar, kesemuanya perempuan.

"Jumlah personil Panwascam tiap kecamatan yang kita cari tiga orang. Sangat baik kalau ada 10 pendaftar tiap kecamatan supaya ada ruang bagi kami menyeleksi yang terbaik. Semoga akan ketambahan calon dalam dua hari mendang," harapnya.

Dukungan dari semua pihak untuk bisa membantu menyebarluaskan informasi tentang rekrutmen Panwascam, kata Salindeho, akan sangat membantu. Ia mengajak masyarakat Sitaro yang memenuhi syarat untukmendaftarkan melalui kantor camat setempat atau datang ke kantor Panwas Sitaro di Ondong.

Seleksi calon anggota Panwascam akan melewati tiga tahapan yaitu seleksi berkas, tes tertulis dan wawancara. Jadwal semula, hasil seleksi berkas diumumkan pada Jumat 26 Juni dan yang lulus seleksi berkas akan menjalani tes tertulis pada Minggu 28 Juni.

"Dengan perpanjangan pendaftaran dua hari ke depan, tes tertulis ditunda pekan depan, menunggu penjadwalan ulang oleh pimpinan Bawaslu Sulut," jelas Salindeho.

Pewarta : Fidel Malumbot
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024