SITARO, (16/6) AntaraSulut - Hanya berselang sehari setelah dilantik, Panitia Pengawas Pemilihan Kabupaten Siau Tagulandang Biaro langsung menetapkan agenda kerja perdana yaitu pembentukan Panitia Pengawas (Panwas) tingkat kecamatan bagi 10 kecamatan di daerah kepulauan ini.

"Terhitung sejak hari ini Selasa 16 Juni 2015 kita mulai mengumumkan pembentukan Panwas Kecamatan. Dalam kaitan itu, pendaftaran calon anggota di buka di tiap kecamatan," kata Ketua Panwas Kabupaten Sitaro Fidel Malumbot, di Manado, Selasa.

Berdasarkan jadwal pembentukan Panwas Kecamatan yang ditetapkan oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sulawesi Utara, pengumuman pembentukan Panwas Kecamatan dilakukan tanggal 16 hingga 23 Juni 2015.

"Pemasukan berkas dibuka tanggal 22 hingga 25 Juni di kantor camat terdekat, atau bisa juga diserahkan langsung kepada Panwas Kabupaten. Tanggal 26 pendaftar yang memenuhi syarat administrasi diumumkan," kata Malumbot.

Seleksi lanjutan berupa tes tertulis direncanakan tanggal 27 hingga 29 Juni yang materinya dipersiapkan Bawaslu Provinsi. Pelaksanaan tes pemeriksaan hasilnya juga akan disupervisi aparatur pengawas tingkat provinsi.

"Tes tertulis akan menyaring enam calon yang akan berlanjut menjalani tes wawancara pada tanggal 2 hingga 4 Juli untuk penentuan tiga orang calon terpilih yang diupayakan pelantikan dalam minggu ke dua bulan Juli," jelasnya.

Bersamaan dengan pembentukan dan seleksi Panwas Kecamatan ini, lanjut Malumbot, Panwas Kabupaten akan menjajaki fasilitas kantor sekretariat, sekaligus dengan pembentukan struktur dan pengisian personil sekretariat Panwas Kabupaten.

Pewarta : Fidel Malumbot
Editor :
Copyright © ANTARA 2024