Manado (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Sitaro menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara, serta rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2024.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Jumat, 25 Oktober 2024, di Aula Samping Kantor KPU Sitaro.

Simulasi ini melibatkan masyarakat dari salah satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kelurahan Ondong, Kecamatan Siau Barat. Menurut Pelaksana Harian (Plh) Ketua KPU Sitaro, Frismar Siramba, simulasi ini bertujuan untuk mengevaluasi segala aspek teknis pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara, sehingga pelaksanaan pada hari pemungutan suara yang dijadwalkan pada 27 November 2024 dapat berjalan lancar sesuai aturan.

"Pelaksanaan simulasi ini akan menjadi bahan evaluasi ke depan, terutama untuk memastikan semua aspek sudah sesuai standar agar proses pemungutan, penghitungan, dan rekapitulasi suara pada 27 November nanti dapat berjalan dengan baik dan sesuai aturan," jelas Frismar Siramba.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh anggota komisioner KPU Sitaro, Fidel Malumbot dan Ibrahim Lihawa, perwakilan Bawaslu, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Liaison Officer (LO) kedua pasangan calon, serta Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Hadirnya berbagai pihak ini diharapkan dapat meningkatkan kesiapan seluruh elemen dalam mendukung suksesnya pelaksanaan Pemilu Kepala Daerah 2024 di Kabupaten Sitaro.

Melalui simulasi ini, KPU Sitaro juga mengedukasi masyarakat tentang prosedur yang harus diikuti di TPS, termasuk alur pemungutan suara, tata cara penghitungan, hingga rekapitulasi suara.

Pewarta : Stenly Gaghunting
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024