Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum PSSI Erick Thohir meminta pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong mematangkan tim dan taktik sebelum pertandingan putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia bergulir lagi November mendatang.

Garuda akan menjamu Jepang pada 15 November dan Arab Saudi empat hari kemudian.

"Saya sudah bertemu dengan coach Shin. Kami serius bicara soal target timnas untuk minimal menempati empat besar di grup," kata Erick Thohir dalam keterangan tertulis di Jakarta pada Jumat.

"Menjadi tugas coach untuk mempersiapkan tim dan taktik dengan sebaik-baiknya. Terutama di dua laga kandang melawan Jepang dan Arab Saudi, bulan depan." 

Erick mengingatkan PSSI akan selalu mendukung kebutuhan timnas.

"Kita harus maksimal secara taktik. Stabilitas yang mulai terbangun mesti dipertahankan sehingga saat main, taktik sudah siap dan matang," kata Erick.

Shin dikritik keras karena membongkar pasang tim pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia melawan China.

Beberapa pemain yang kerap menjadi kunci permainan, seperti Thom Haye, tidak dimainkan sejak awal. Eliano Reijnder yang tampil bagus saat melawan Bahrain bahkan tidak masuk skuad.

Eksperimen Shin itu berbuah pahit dengan kekalahan pertama Indonesia dalam putaran ketiga, dari tim dengan posisi terbawah di klasemen grup, China.

Pada putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ini, sudah dua pelatih dipecat akibat performa buruk, yakni Graham Arnold di Australia dan Roberto Mancini di Arab Saudi.
 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Erick Thohir minta Shin Tae-yong matangkan tim dan taktik


Pewarta : A Rauf Andar Adipati
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024