MANADO, 5/6 (Antara) - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menganugerahkan piagam penghargaan kepada pemerintah kabupaten/kota yang meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), satu di antaranya Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro).

Bupati Sitaro Toni Supit didampingi Ketua DPRD Djibton Tamudia menerima penganugerahan piagam penghargaan tersebut dari Auditor Utama Keuangan Negara egional VI BPK, Syafruddin Mosii, di Aula Kantor BPK Perwakilan Sulawesi Utara, Jumat petang.

"Kehormatan dan penghargaan ini dianugerahkan kepada pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sitaro yang bahu-membahu melaksanakan amanat membangun daerah," kata Bupati Supit usai menerima piagam.

Penyerahan piagam dilakukan secara serentak kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa, Bolaang Mongondouw Timur, Bolaang Mongondouw Selatan, Sangihe, dan Siau Tagulandang Biaro, serta Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon, Bitung, dan Kotamobagu.

Auditor Utama, Syafruddin Musii menjelaskan, pemberian piagam tersebut sebagai ungkapan terima kasih dan penghargaan atas usaha dan kerja keras tanpa kenal lelah oleh pemerintah daerah meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan.

"Kami berharap dengan ini pemerintah daerah semakin termotivasi pada kesempatan berikutnya kembali meraih opini WTP dengan kualitas yang semakin baik dan meningkat," katanya.

Mosii berpesan kepada para bupati dan walikota untuk memajang piagam tersebut di depan pintu masuk agar selalu terlihat saat masuk ruang kerja. Dengan begitu, kepala daerah selalu diingatkan untuk terus mempertahankan dan meningkatkan tata kelola keuangan.

Ia juga menganjurkan bupati dan walikota untuk rutin mengecek dan mengingatkan dinas pengelola keuangan dan aset serta inspektorat daerah tentang capaian serapan anggaran dan realisasinya. Sekaligus dengan pengawasan internal pemda atas pertanggungjawaban anggaran yang terserap.

Ketua DPRD Djibton Tamudia menyambut baik pesan dan anjuran auditor utama dengan menyebutnya sebagai mutiara berharga yang menjadi motivasi bernilai tinggi bagi upaya Pemkab dan seluruh jajaran, termasuk DPRD sebagai bagian dari penyelenggara pemerintahan daerah.

"Ini harus dan pasti akan kita tindaklanjuti dengan mencanangkan tekad dan komitmen bersama Pemda dan DPRD beserta seluruh komponen terkait agar kualitas tata kelola keuangan Pemkab Sitaro semakin baik dari sisi akuntabilitas maupun kemanfaatan," katanya.

Pewarta : Fidel Malumbot
Editor :
Copyright © ANTARA 2024