Manado (ANTARA) - PT PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo (UID Suluttenggo) terus memperkuat sinergitas dengan Kodam XIII Merdeka guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di daerah tersebut.

"Melalui kolaborasi ini, pihak PLN terus berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan bidang kelistrikan kepada masyarakat khususnya di wilayah Suluttenggo," kata General Manager PT PLN (Persero) UID Suluttenggo Atmoko Basuki, di Manado, Senin.

Dia mengatakan pihaknya menyadari bahwa peran dan andil pemangku kepentingan sangat besar dalam mendukung operasional ketenagalistrikan.

"Oleh sebab itu PLN mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas dukungan yang diberikan oleh pihak Kodam XIII/Merdeka atas kesediaannya untuk meluangkan waktu bertatap muka dengan kami,” ujar Basuki.

PLN Suluttenggo juga berkomitmen untuk bersinergi khususnya dengan institusi TNI-AD yang berada di wilayah Suluttenggo untuk mendukung Pembangunan instalasi kelistrikan di seluruh wilayah kerjanya dan peningkatan layanan kelistrikan PLN kepada pelanggan.

Basuki menjelaskan rencana pengembangan kelistrikan di wilayah Sulawesi Utara dan sekitarnya, termasuk upaya untuk memenuhi kebutuhan daya dengan dukungan beberapa pembangkit listrik. Pihak Kodam menyambut baik kolaborasi ini, mengingat listrik adalah infrastruktur penting untuk mendukung perkembangan perekonomian di daerah.

PLN menjalin kerja sama dengan TNI AD, katanya, karena kedua pihak memiliki kepentingan bersama dalam mendukung pembangunan nasional dan kesejahteraan masyarakat.

Sinergi ini dilakukan guna pengamanan infrastruktur vital listrik yang merupakan infrastruktur strategis yang krusial bagi operasional berbagai sektor, termasuk pemerintahan, industri, dan masyarakat. TNI AD membantu PLN dalam menjaga keamanan infrastruktur kelistrikan, khususnya di wilayah-wilayah rawan atau sulit dijangkau

Kemudian, katanya, dukungan operasional di wilayah terpencil, karena TNI AD memiliki kemampuan logistik dan akses yang lebih baik. Dengan keterlibatan TNI, PLN dapat lebih mudah mengembangkan jaringan listrik di wilayah-wilayah ini, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat

Kerja sama ini tidak hanya mencakup pembangunan fisik tetapi juga aspek sosial. Dengan listrik yang memadai, daerah-daerah dapat berkembang lebih cepat, dan kerja sama dengan TNI AD membantu menciptakan stabilitas dan keamanan.

Dalam situasi darurat seperti bencana alam, PLN membutuhkan dukungan operasional cepat untuk pemulihan jaringan listrik. TNI AD berperan dalam memberikan bantuan dan koordinasi di lapangan, memastikan pasokan listrik kembali normal secepat mungkin.

Kolaborasi ini menggambarkan pentingnya sinergitas untuk mendukung pembangunan dan memastikan infrastruktur listrik dapat diandalkan di seluruh Indonesia.
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024