Manado (ANTARA) - Kepolisian Daerah Sulawesi Utara (Sulut) menggelar Latihan Pra Operasi (Latpraops) Zebra Samrat 2024, di Manado, Jumat.

"Latpraops  ini merupakan salah satu syarat untuk melaksanakan operasi sehingga kemampuan, kesiapan, pengetahuan serta keterampilan anggota satuan lalu lintas Polda Sulut dalam bertugas dapat dilakukan secara profesional dan proporsional," kata Wakapolda Sulut Brigjen Pol Bahagia Dachi saat membuka Latpraops Zebra Samrat 2024.

Berdasarkan data yang diperoleh dari pelaksanaan Ops Zebra Samrat 2022/2023, data tilang naik 14,79 persen, teguran turun 1,19 persen, jumlah kecelakaan lalu lintas turun 4,62 persen dibandingkan tahun sebelumnya, data korban meninggal dunia turun 38,46 persen korban luka berat turun 22,22 persen, korban luka ringan turun 4,94 persen dan kerugian materiil turun 58,58 persen 

"Data operasi zebra tahun kemarin menunjukkan penurunan persentase pada data jumlah kecelakaan, korban, maupun kerugian materiil. Saya harap Operasi Zebra pada tahun ini dapat lebih menurunkan persentase dari angka-angka tersebut," katanya.

Sasaran operasi ini antara lain segala bentuk potensi gangguan yang menyebabkan kemacetan, masyarakat yang tidak disiplin dalam berlalu lintas, dan  pemahaman masyarakat tentang Odol (over dimension dan over loading), pengemudi di bawah umur, penggunaan knalpot bising serta kendaraan yang tidak menggunakan TNKB.

"Pelaksanaan Operasi Zebra Samrat 2024 ini mengedepankan kegiatan preemtif, preventif, persuasif, dan humanis. Kita prioritaskan pada kegiatan yang mampu mewujudkan rasa simpatik masyarakat terhadap Polri, khususnya Polantas," katanya.

Operasi Zebra Samrat 2024 akan dilaksanakan selama 14 hari mulai tanggal 14 sampai dengan 27 Oktober 2024, dengan tema 'Melalui Operasi Zebra - 2024 dalam rangka mendukung suksesnya pelantikan presiden/wakil presiden terpilih serta mengajak masyarakat untuk tertib berlalu lintas demi terwujudnya Kamseltibcarlantas yang aman dan nyaman'.

Latihan Pra Operasi Zebra Samrat 2024 ini dihadiri oleh para pejabat utama Polda Sulut, para Kabag Ops dan Kasat Lantas jajaran Polda Sulut.

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024