Tokyo, 22/5 (Antara/AFP) - Bursa saham Tokyo naik tipis lagi pada Jumat, menandai reli enam hari dengan indeks acuan berakhir di tingkat tertinggi baru dalam 15-tahun terakhir.
     
Indeks Nikkei 225 di Bursa Efek Tokyo bertambah 0,30 persen atau 61,54 poin menjadi ditutup pada 20.264,41. Indeks Topix dari seluruh saham papan utama naik tipis 0,06 persen atau 1,05 poin menjadi 1.647,85.

Pasar berada di wilayah negatif selama sesi pagi, tetapi naik  setelah bank sentral Jepang, Bank of Japan (BoJ), mengumumkan bahwa bank mempertahankan program uang longgarnya tidak berubah dan sedikit meningkatkan pandangannya tentang perekonomian.

         Para pembuat kebijakan mempertahankan stimulus pembelian aset BoJ 80 triliun yen per tahun tidak berubah, sementara mengatakan ekonomi terbesar ketiga di dunia itu "terus pulih secara moderat", sedikit lebih optimis dari pandangannya bulan lalu.

         Pengumuman itu terjadi beberapa hari setelah data resmi menunjukkan ekonomi Jepang tumbuh lebih baik dari perkiraan 0,6 persen pada kuartal pertama ketika merangkak kembali dari resesi singkat.

         "Ini tidak berarti bahwa sesuatu tentang ekonomi berubah secara dramatis. Ekonomi telah terus membaik," Gubernur BoJ Haruhiko Kuroda mengatakan dalam sebuah konferensi pers setelah pasar ditutup.

         "Perbaikan kemungkinan akan berlanjut, dan kami telah mengambil langkah maju dalam penilaian kami agar sesuai dengan situasi saat ini."
    Para pedagang juga memperoleh dukungan positif dari Wall Street, di mana S&P 500 berakhir pada rekor tertinggi baru berkat laba yang kuat dari Best Buy dan berita bahwa CVS Health akan mengakuisisi perusahaan layanan farmasi Omnicare senilai 12,7 miliar dolar AS.

         Dealer juga sedang menunggu pidato tentang ekonomi oleh Ketua Federal Reserve AS Janet Yellen pada sore hari.

         "Setelah reli sepanjang minggu, ada kurangnya perkembangan baru dan musim laporan laba berakhir," kata Tatsushi Maeno, kepala ekuitas Jepang di Pinebridge Investments di Tokyo.

         "Untuk saat ini pasar telah kehilangan arah yang jelas," katanya kepada Bloomberg News.

         Dalam perdagangan saham, operator seluler SoftBank bertambah 1,90 persen menjadi 7.352 yen, broker Nomura naik 1,37 persen menjadi 830 yen dan Nippon Steel & Sumitomo Metal naik 1,25 persen menjadi 323,4 yen.

         Penguatan yen memukul beberapa pengekspor dengan saham Toyota turun 0,91 persen pada 8.346 yen dan Sony tergelincir 0,3 persen menjadi 3.842 yen.

         Dalam perdagangan sore, dolar berada di 120,71 yen terhadap 120,91 yen sebelum pengumuman BoJ dan 121,07 yen di New York.

Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024