Ratahan, (ANTARA Sulut) - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mulai mengembangkan budidaya ikan nila.

"Untuk tahun ini kita sedang fokus melakukan pengembangan ikan nila bagi para kelompok, yang merupakan bagian dari kawasan minapolitan," kata Kepala DKP Mitra George Ruata.

Dia menuturkan, Pemkab Mitra telah menyiapkan anggaran sekira Rp700 Juta untuk pengembangan kawasan minapolitian, khususnya untuk budidaya ikan nila.

"Khusus untuk bantuan yang Pemkab berikan bagi para kelompok pembudidaya ikan nila, akan ada lima kelompok, dengan benih dan pakan juga dari pemerintah," ujarnya.

George menambahkan, kawasan pengembangan budidaya ikan nilai ini akan dilakukan di dua kecamatan yang mempunyai kecocokan untuk melakukan pengembangan.

"Sebelumnya sudah ada di Pasan, dan saat ini kita akan kembangkan lagi di wilayah Tombatu, karena daerah ini memiliki kecocokan," jelasnya.

Adanya pengembangan budidaya ini kata George, untuk Tombatu akan dijadikan sebagai Kota Ikan di Mitra, dan hasil produksi bisa menembus pasar luar daerah.

"Memang selama ini masih di pasaran lokal saja, tapi dengan pengembangan kawasan kita harapkan produksi ikan nila dari Minahasa Tenggara bisa merambah ke luar daerah minimal dulu antar pulau, dan super market," tandasnya.

Pewarta : Arthur Karinda
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024