Manado (ANTARA) - PT Angkasa Pura Indonesia Bandara Internasional Sam Ratulangi (Samrat) Manado, Sulawesi Utara (Sulut), melayani penerbangan internasional Manado-Guangzhou, China, pada akhir Oktober 2024.

"Bandara Internasional Samrat Manado kembali akan membuka rute penerbangan internasional pada Oktober mendatang. Rute tersebut yaitu Manado-Guangzhou yang akan dilayani oleh maskapai TransNusa," kata GM Angkasa Pura Indonesia Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado Maya Damayanti, di Manado, Sabtu.

Dia mengatakan rencananya maskapai TransNusa akan membuka penerbangan ke Guangzhou dari Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado mulai 27 Oktober 2024 dengan frekuensi tiga kali seminggu.

Maya mengatakan, TransNusa memang berencana untuk menjadikan Bandara Sam Ratulangi sebagai hub untuk rute internasional. Nantinya TransNusa akan memperluas rute domestik untuk menunjang rute internasionalnya.

TransNusa saat ini memiliki tiga rute penerbangan dari Bandara Sam Ratulangi, yaitu ke Denpasar, Ambon, dan Sorong. Namun memang ia mengakui penerbangan ke Sorong dan Ambon saat ini belum berjalan sesuai jadwal.

Rute Manado-Guangzhou saat ini dilayani secara reguler oleh maskapai China Southern dengan frekuensi tiga kali seminggu. Selain itu, juga ada maskapai Lion Air yang melayani rute ini secara charter berjadwal. Lion juga diketahui melayani penerbangan ke kota lainnya di China.

Maya mengatakan, rute Manado-Guangzhou memang masih didominasi oleh tenaga kerja asing (TKA) dari China yang bekerja di beberapa perusahaan pertambangan seperti di Weda, Maluku Utara, dan Morowali, Sulawesi Tengah.

Seperti yang terlihat dari penerbangan China Southern, sekitar 97 persen penumpangnya merupakan TKA, sedangkan tiga persen lainnya adalah wisatawan yang hendak berlibur ke Sulut.

China Southern menurut Maya, sudah mengajukan penambahan frekuensi penerbangan dari tiga kali menjadi lima kali seminggu. Hanya saja permohonan tersebut sampai saat ini masih belum disetujui oleh Kementerian Perhubungan RI.

Selain rute ke Guangzhou, saat ini Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado melayani penerbangan reguler internasional lainnya, yaitu ke Singapura oleh maskapai Scoot, ke Tokyo (Haneda) oleh maskapai Garuda Indonesia serta ke Kota Kinabalu oleh maskapai AirAsia.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Bandara Samrat melayani penerbangan internasional Manado-Guangzhou

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024