Manado (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulawesi Utara mengatakan, gelar apel siaga ditujukan untuk memastikan kesiapsiagaan seluruh jajaran melakukan pengawasan tahapan kampanye Pilkada 2024 yang mulai bergulir.

"Jadi kita ingin memastikan kesiapsiagaan seluruh jajaran pengawas baik di tingkat kabupaten dan kota, di tingkat kecamatan, serta di tingkat kelurahan dan desa untuk melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan kampanye," kata Ketua Bawaslu Sulut, Ardiles Mewoh di Manado, Rabu. 

Kesiapsiagaan tersebut, kata dia, harus dijadikan sebagai upaya untuk menghadapi segala kemungkinan yang terjadi dalam proses pelaksanaan kampanye. 

"Mari kita memastikan bahwa seluruh pelaksanaan kampanye ini berjalan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang ada,"

Kehadiran Bawaslu Sulut, kata dia,  untuk bisa memastikan tahapan kampanye pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Utara, pemilihan bupati dan wakil bupati serta pemilihan wali kota dan wakil wali kota di 15 kabupaten dan kota berjalan dengan baik.

"Saya juga menginstruksikan kepada seluruh jajaran pengawas untuk senantiasa berkoordinasi, senantiasa membangun komunikasi dengan seluruh pemangku kepentingan untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban," ujarnya.

Sisi keamanan, menurut Ardiles,  adalah prioritas utama agar pilkada berjalan serta memberikan rasa nyaman bagi seluruh warga masyarakat Sulawesi Utara mengikuti pesta rakyat Pilkada serentak tahun 2024. 

Ardiles juga berharap seluruh jajaran badan pengawas pemilihan dari tingkat kabupaten dan kota, kecamatan serta seluruh kelurahan dan desa di Sulawesi Utara terus melakukan edukasi pendidikan pemilih.

"Harapannya mereka menjadi pemilih yang baik, pemilih yang menjunjung tinggi nilai-nilai integritas, menjunjung tinggi nilai-nilai kebenaran dalam menentukan pilihan-pilihan politiknya," katanya menambahkan. 

Upaya-upaya pendidikan politik ini, kata dia, dilakukan secara masif kepada seluruh elemen masyarakat yang berada di tempat bertugas.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024