Sitaro, 18/5 (Antara) - Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara, Stephen Londok melantik 279 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang akan bertugas di 83 kampung dan 10 kelurahan di daerah ini, Senin.

"Yang dilantik hari ini adalah mereka yang diusulkan kapitalau dan lurah tiap kampung dan kelurahan yang telah melewati rangkaian seleksi dan diharapkan dapat menjalankan tugas dengan baik," kata Londok.

Kampung adalah sebutan lain dari wilayah pemerintahan tingkat desa yang digunakan di daerah kepulauan ini, sedangkan jabatan kepala desa menggunakan sebutan kapitalau.

Pelantikan dilakukan di dua lokasi, pertama di aula Narwastu Ulu Siau bagi 183 anggota PPS dari 51 kampung dan delapan kelurahan se wilayah Siau, Senin pagi. Dilanjutkan di Pendopo Kecamatan Tagulandang bagi 96 PPS dari 30 kampung dan dua kelurahan se wilayah Tagulandang dan Biaro, pada Senin siang.

Londok mengatakan, tugas berat menanti anggota PPS dalam tahapan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Utara, yaitu pemutakhiran data pemilih dan verifikasi dukungan calon perseorangan.

"Laksanakan segera konsolidasi internal, membentuk kelengkapan organisasi dan personil sekretariat sambil bersiap teknis pelaksanaan tugas sebagai penyelenggara pemilihan tingkat kampung dan kelurahan," kata Londok.

Bupati Sitaro Toni Supit yang diwakili Asisten I Sekda, Replein Areros mengatakan, mereka yang dilantik adalah personil terpilih yang dipandang mampu dan cakap dalam mengemban tugas dan tanggubg jawab.

Ia juga mengingatkan penting dan strategisnya peran PPS dalam pemilihan. Karena itu, berpotensi mendapat pengaruh, tekanan
bahkan ancaman fisik dalam pelaksanaan tugas nantinya.

"Pemerintah berkewajiban mengingatkan KPU dan jajarannya untuk menaati segala undang-undang dan peraturan pelaksanaan pemilihan, menjaga netralitas, integritas dan independensi," lanjut Areros.

Anggota KPU Sulut, Zulkifki Golonggom memberi motivasi bagi jajaran PPS yang sebagian baru pertama kali melaksanakan tugas.

"Harapan baru dan semangat baru terpundak, ini amanah yang harus dibuktikan melalui kerja profesional dan independen," katanya.

Usai pelantikan di wilayah Siau, Londok dan sejumlah anggota KPU beserta staf menuju Tagulandang untuk melantik anggota PPS di empat kecamatan di pulau Tagulandang dan Biaro.

Pewarta : Fidel Malumbot
Editor :
Copyright © ANTARA 2024