Manado (ANTARA) -
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan wilayah Sulawesi Utara berpotensi dilanda cuaca ekstrem hingga beberapa hari ke depan.
 
"Kami berharap warga waspada terhadap potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Ben A Molle di Manado, Senin.
 
Dia mengatakan, saat kondisi cuaca ekstrem seperti ini dapat berpotensi terjadi bencana banjir, tanah longsor bahkan pohon tumbang.
 
Karena itu dia berharap warga yang tinggal di bantaran sungai, lereng terjal atau perbukitan berhati-hati saat kondisi cuaca ekstrem.
 
"BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem hingga 25 September 2024," ujarnya.
 
Ben mengatakan, di sepanjang hari ini potensi cuaca ekstrem berpeluang terjadi di wilayah Kota Manado, Kota Bitung, Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara, serta Kabupaten Minahasa Selatan.
 
Berikutnya, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dan Kabupaten Kepulauan Talaud.
 
Di tanggal 24 September 2024, kondisi cuaca serupa diperkirakan terjadi di Kota Bitung, Kota Kotamobagu, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara, serta Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, dan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.
 
Selanjutnya di tanggal 25 September 2024 diperkirakan terjadi di Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Selatan dan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024