Manado (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Utara Ronald Lumbuun melakukan peninjauan pembangunan relokasi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Manado, untuk memastikan pelaksanaan sesuai target.

Ronald Lumbuun di Manado, Kamis mengatakan tujuan kunjungan ini adalah untuk meninjau sejauh mana progres pembangunan relokasi gedung Lapas Manado  sekaligus memastikan pembangunan dapat berjalan sesuai target dan memenuhi standar yang ditetapkan..

Pada saat itu Kakanwil didampingi petugas proyek Lapas Manado melaksanakan kontrol progres pembangunan Lapas Manado dan memastikan tidak adanya gangguan dalam proses pembangunan Lapas.

Pada peninjauan itu Kakanwil didampingi sejumlah pejabat utama Kemenkumham Sulut, seperti Kepala Divisi Administrasi John Batara, Kepala Divisi Pemasyarakatan Aris Munandar, Kepala Divisi Keimigrasian Syamsul Efendi Sitorus, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Manado Tapianus Barus dan Kepala Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara Hardiman.

Relokasi pembangunan Lapas Kelas II Manado dilakukan karena lokasi Lapas Manado saat ini yang berada di Tuminting, salah satu daerah rawan banjir.

Pada Jumat, 27 Januari 2023, bencana banjir terjadi pada sejumlah wilayah di Kota Manado, dan Lapas Manado tergenang air.

Air yang naik sampai setinggi lima meter, merusak beberapa alat dan menyebabkan warga binaan diungsikan ke lantai dua sel tahanan.

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024