Manado (ANTARA) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Utara, Kenly Poluan berharap tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 di provinsi tersebut berlangsung sejuk.

"Mudah-mudahan seperti yang disampaikan bakal calon gubernur Yulius Selvanus, bahwa proses pemilihan gubernur dan wakil gubernur di Sulawesi Utara bisa berjalan sejuk, damai, riang gembira," kata Kenly di Manado, Rabu.

Alasannya menurut dia, proses pendaftaran pasangan calon yang sementara berlangsung adalah salah satu bentuk pengabdian terhadap demokrasi dan masyarakat di provinsi berpenduduk lebih 2,6 juta jiwa tersebut.

Dia berharap masalah-masalah yang muncul dapat diminimalisasi serta melakukan musyawarah atau percakapan untuk menyelesaikannya.

"Mohon doa kita semua agar semua bisa melakukan kegiatan pilkada 2024 ini secara bersama, semua sehat dalam lindungan Tuhan yang maha kuasa," harap Kenly.

KPU Sulut memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih setelah pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Yulius Selvanus dan Victor Mailangkay mendaftar didampingi pimpinan partai pendukung.

"Proses ini penting dan satu agenda bersama yang harus dilakukan dan termasuk dalam tugas tanggung jawab Kami di KPU dan Bawaslu Provinsi Sulut sebagai satu kesatuan penyelenggara pemilu," ujarnya.

Proses pencalonan yang saat ini dilakukan pasangan yang diusung Gerindra, Golkar, PAN, PKB, PKS, Perindo, PSI serta Nasdem, menurut Kenly adalah satu mandat suci.

"Menjadi politisi apalagi pasangan calon gubernur dan wakil gubernur tiap waktu ditagih visi misi dan program kerjanya oleh masyarakat," katanya menambahkan.

Usai mendaftar, pasangan Yulius-Victor memberikan keterangan pers sebelum keluar gedung KPU Sulut diantar relawan, pendukung, simpatisan dan tim pemenangan.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024