Manado (ANTARA) - Kementerian Agama (Kemenag) Kota Manado, Sulawesi Utara terus meningkatkan kualitas imam masjid di kota itu dengan melakukan uji kompetensi.

"Kali ini Imam Masjid Sabilal Muhtadin Politeknik Buha, Kecamatan Mapanget, mengikuti uji kompetensi," kata Kepala Kemenag Manado Rogaya Udin, di Manado, Selasa.

Kemenag Manado, katanya, berkomitmen dalam meningkatkan kualitas imam masjid di wilayah Kota Manado pada umumnya.

Uji kompetensi ini, katanya, melibatkan para calon imam masjid yang dinilai langsung oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Manado dan Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Mapanget Suryanto Muarif.

Penilaian ini mencakup berbagai aspek, mulai dari kemampuan bacaan Al-Quran, pemahaman fiqih, hingga kemampuan dalam memimpin shalat berjamaah.

"Tujuannya adalah memastikan para imam memiliki kompetensi yang memadai untuk membimbing umat di masjid," katanya.

Dia menekankan pentingnya uji kompetensi ini sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan ibadah di masjid-masjid, khususnya di wilayah Manado.

"Imam masjid harus memiliki kemampuan yang mumpuni, baik dalam hal ilmu agama maupun dalam memimpin jamaah. Ini adalah tanggung jawab besar yang harus diemban dengan baik," ujarnya.

Kegiatan ini juga, katanya, merupakan bagian dari program berkelanjutan Kemenag Manado dalam memperkuat peran imam masjid sebagai pemimpin spiritual masyarakat.

Diharapkan, melalui uji kompetensi ini, para imam yang terpilih akan mampu memberikan kontribusi positif dalam menjaga dan memperkuat ukhuwah Islamiyah di Kota Manado.

 
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024