Tomohon, (ANTARA Sulut) - Wali Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Jimmy F Eman mengatakan pencapaian mutu pendidikan tidak dapat dipisahkan dari kreativitas dan kesehatan siswa.

"Proses pembelajaran akan lebih efektif apabila ditunjang dengan kondisi kesehatan dan daya kreativitas siswa yang baik," kata Wali Kota Eman di Tomohon, Selasa.

Pemerintah sebagai pengelolah dan penyelenggara pendidikan, menurut dia, telah berupaya keras melaksanakan program-program peningkatan mutu pendidikan.

Kreativitas dan kesehatan siswa salah satunya dapat diwujudkan dengan pelaksanaan olimpiade olah raga siswa nasional (02SN).

02SN, kata dia, dilaksanakan sebagai wahana bagi siswa untuk mengimplementasikan hasil kegiatan pembelajaran dalam rangka meningkatkan kesehatan jasmani dan daya kreativitas melalui olah raga.

"O2SN adalah kegiatan yang bersifat kompetensi di bidang

olah raga antarsiswa dalam lingkup wilayah atau tingkat lomba. Memang butuh kreativitas, keuletan untuk berprestasi. Namun yang paling penting adalah terciptanya pribadi sehat," katanya.

O2SN bertujuan meningkatkan kecintaan dan apresiasi terhadap bidang olah raga, meningkatkan kecakapan kolaboratif dan kooperatif, serta meningkatkan kesehatan jasmani.

Selanjutnya, meningkatakan mutu akademis, menciptakan kondisi kompetitif secara sehat, melatih sportivitas dan tanggung jawab, mengembangkan bakat dan minat siswa di bidang olah raga serta

menumbuhkembangkan persatuan dan kesatuan antar siswa di Kota Tomohon.

"Pemerintah kota terus berupaya menciptakan kondisi-kondisi yang memungkinkan siswa berprestasi dan menyalurkan bakat, minat sesuai dengan potensi diri yang dimiliki," ujarnya

Pewarta : Oleh Karel A Polakitan
Editor : Guntur Bilulu
Copyright © ANTARA 2024