Sitaro, (4/5) AntaraSulut - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro berkomitmen terus membangun sumber daya manusia melalui pembangunan di sektor pendidikan yang diyakini sebagai penentu kemajuan daerah saat ini dan masa depan.

"Dengan sumber daya handal dan berdaya saing, daerah ini akan semakin maju, setara dengan daerah lain. Sektor pendidikanlah penentunya," kata Wakil Bupati dalam sambutan pada upacara Hari Pendidikan Nasional, di lapangan Kantor Bupati di Ondong, Senin.

Sebagai bukti komitmen membangun dektor pendidikan, menurut Wabup Salindeho, politik anggaran Pemkab Sitaro selalu mengalokasikan anggaran yang sangat signifikan, berkisar 22 hingga 25 persen bagi pembangunan infrastruktur, sarana dan prasarana pendidikan.

Ia mengatakan, peningkatan kualitas dan kapasitas kemampuan tenaga pendidik juga dilakukan, bersamaan dengan peningkatan tingkat kesejahteraan melalui pemberian berbagai tunjangan bagi para guru di daerah ini.

Salindeho yang bertindak sebagai pembina upacara membacakan sambutan Menteri Pendidikan Dasar Menengah dan Kebudayaan, antara lain mengatakan, aset terbesar bangsa ini adalah Manusia Indonesia.

"Tanggung jawab kita sekarang adalah mengembangkan kualitas Manusia Indonesia karena wajah masa depan kita berada di ruang kelas," kata Salindeho.

Meski demikian, tidak berarti tanggung jawab memajukan pendidikan hanya diletakkan di pundak tenaga pendidik dan institusi pendidikan. Secara konstitusional mendidik itu tanggung jawab negara.

"Tapi secara moral mendidik itu merupakan semua orang terdidik, semua yang berpendidikan memiliki tanggung jawab moral mendidik," tandasnya.

Peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2015 ini mengusung tema Pendidikan dan Kebudayaan sebagai Gerakan Pencerdasan dan Penumbuhan Generasi Berkarakter Pancasila.

Upacara Hardiknas dihadiri unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, anggota DPRD, Sekda, para Asisten Sekda, kepala dinas, badan dan kantor di lingkungan Pemda Sitaro, diikuti siswa SD, SMP, SMA serta PNS.

Sebelumnya, Sekda Adri Manengkey memimpin upacara peringatan Hardiknas untuk wilayah Tagulandang Biaro, Sabtu (2/5) di lapangan Mandolokang Tagulandang, dimeriahkan dengan pawai kendaraan dan berbagai lomba antar sekolah.

Pewarta : Fidel Malumbot
Editor :
Copyright © ANTARA 2024