Manado (ANTARA) - Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-121 Kodim 1302/Minahasa, Korem 131/Santiago, Kodam XIII/Merdeka melatih peraturan baris berbaris (PBB) kepada siswa-siswi Desa Kayuwatu, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, menyambut Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia. 

Dansatgas TMMD ke-121 Kodim 1302/Minahasa Letkol Inf Mutakbir, Minggu, mengatakan saat mengisi waktu senggang para prajurit berinisiatif untuk melatih para siswa-siswi di Desa Kayuwatu untuk menumbuhkan rasa patriotisme dan cinta tanah air dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI.

"Kegiatan melatih siswa-siswi Desa Kayuwatu ini merupakan bagian dari kegiatan komunikasi sosial (komsos)  para anggota TMMD dalam mengisi waktu luang," kata Mutakbir

Dansatgas mengatakan bahwa para anggota memberi latihan sejumlah materi yang menyangkut baris-berbaris secara peleton serta gerak jalan yang biasa dilatihkan di dalam PBB TNI. 

"Beberapa materi yang dilatih diantaranya peraturan baris-berbaris dan gerak jalan," katanya.

Dalam pelaksanaan TMMD ke-121 Kodim 1302/Minahasa melaksanakan sejumlah saran fisik dan non fisik.

Sejumlah sasaran fisik yang dilaksanakan seperti pembuatan sumur bor,  perintisan dan pengerasan jalan sejauh 1.765 meter,  pembuatan empat buah plat duiker yang tersebar di sepanjang jalan, rehab rumah tidak layak huni  (RTLH), pembuatan MCK.

Sementara sasaran non fisik antara lain penyuluhan Kamtibmas dan bahaya narkoba kepada masyarakat, serta bela negara dan wawasan kebangsaan kepada para pelajar.
 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024