Manado (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umun (KPU) Sulut membangun koordinasi dengan para pihak untuk memastikan bakal calon atau yang akan terpilih di Pilkada nanti adalah sehat.

"Tugas yang dibebankan oleh undang-undang kepada kita itu sangat penting agar kita bisa memastikan bahwa bakal pasangan calon atau nanti yang terpilih itu sudah harus sehat," kata Ketua KPU Sulut, Kenly Poluan pada rapat koordinasi persiapan pemeriksaan kesehatan pencalonan pemilihan serentak nasional tahun 2024 di Manado, Minggu.

Karena itu harap dia, pentingnya dilakukan koordinasi antara berbagai pihak terkait untuk memastikan proses pendaftaran dan pemeriksaan kesehatan calon kepala daerah berlangsung lancar dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 

Kenly berharap, terlaksananya rakor ini proses pemeriksaan kesehatan calon kepala daerah dapat berjalan sesuai dengan jadwal dan prosedur yang telah ditetapkan.

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Sulut Salman Saelangi menambahkan, rakor ini bertujuan untuk memastikan persiapan yang matang dalam pemeriksaan kesehatan calon kepala daerah Tahun 2024.

Menurut dia, pedoman teknis pemeriksaan kesehatan calon kepala daerah nantinya akan menjadi dasar dalam pelaksanaan pemeriksaan kesehatan oleh tim pemeriksa serta fasilitas dan alat yang akan disediakan pihak rumah sakit dan Badan Narkotika Nasional.

Para pihak yang hadir dalam rakor tersebut di antaranya, Direktur Utama Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Prof Dr R.D Kandou Manado Ivonne Elisabeth Rotty, Kepala BNN Sulut Pitra Andrias Ratulangi, Dinas Kesehatan Daerah Sulut dr. Harto Necsen Linelejan, dan Ketua Bawaslu Sulut Ardiles Mewoh.
 

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024