Sitaro, (27/4) Antara - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) Sulawesi Utara, mengumumkan 68 calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dari 7 kecamatan yang lolos seleksi berkas pendaftaran.

"Dari total 71 pendaftar yang diterima dari tujuh kecamatan, 68 yang memenuhi syarat administrasi berkas, itu yang kita umumkan untuk bersiap mengikuti tahap seleksi berikut. Tiga pendaftar tidak memenuhi syarat" kata Ketua KPU Sitaro, Steven Londok, di Siau, Senin petang.

Tiga kecamatan dari 10 jumlah kecamatan di daerah kepulauan ini, menurut Londok, diperpanjang masa pendaftaran karena jumlah pendaftar masih kurang dari jumlah minimal enam orang yang diharapkan untuk bisa diseleksi.

Dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota, anggota PPK ditentukan berjumlah lima orang. Maka dalam seleksi KPU berharap peserta harus lebih dari kuota yang dibutuhkan.

"Kecamatan Biaro, Kecamatan Siau Tengah, dan Kecamatan Siau Barat Utara diperpanjang sampai hari ini karena masih kurang dari lima pendaftar. Dan informasi yang masuk sudah terpenuhi dan akan diplenokan besok," katanya.

Setelah diperpanjang masa pendaftaran, lanjutnya, Kecamatan Biaro dan sudah diterima masing-masing 14 pendaftar, jumlah pendaftar terbanyak dari semua kecamatan. Dan untuk kecamatan Siau Barat Utara 11 pendaftar yang diterima.

KPU Sitaro menjadwalkan pengumuman hasil seleksi berkas dari tiga kecamatan yang ini hari Rabu 29 April dan semua yang lolos berkas akan mengikuti tes tertulis secara serentak pada Kamis 30 April.

"Sesuai jadwal, tanggal 30 April tes tertulis, besoknya diperiksa dan tanggal 2 Mei diumumkan hingga tanggal 4 Mei agar mendapat tanggapan masyarakat," jelas Londok

Meski terdapat tiga kecamatan yang diperpanjang masa pendaftaran, Londok menilai minat dan antusias masyarakat mengikuti seleksi PPK kali ini tergolong tinggi dibanding sebelumnya.
"Selain karena pengumuman secara meluas yang dilakukan KPU secara langsung ke kecamatan hingga kampung, media massa juga sangat berperan membantu sosialisasi. Ini dukungan nyata yang patut diapresiasi," tandasnya

Pewarta : Fidel Malumbot
Editor :
Copyright © ANTARA 2024