Manado (ANTARA) -
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan lebat yang dapat disertai angin kencang masih berpotensi melanda wilayah kabupaten dan kota di Sulawesi Utara.
 
"BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem hingga 7 Agustus 2024," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Ben A Molle, di Manado, Senin.
 
Dia mengatakan, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berpeluang terjadi di sebagian besar wilayah Sulut.
 
Di hari ini, potensi cuaca ekstrem diperkirakan terjadi di wilayah Kota Tomohon.
 
Selanjutnya pada keesokan harinya, hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang akan terjadi di wilayah Kota Tomohon, Kota Bitung, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara dan Kabupaten Minahasa Selatan. Begitu juga dengan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur serta Kabupaten Kepulauan Siau, Tagulandang dan Biaro (Sitaro).
 
Pada 7 Agustus, kondisi cuaca serupa diprediksi terjadi di wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dan Kabupaten Kepulauan Talaud.
 
"Kami berharap warga berhati-hati apabila melakukan aktivitas saat cuaca ekstrem karena dapat berpotensi terjadi banjir dan tanah longsor serta pohon tumbang," ujarnya.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024