Washington (ANTARA) - Senator independen Amerika Serikat Joe Manchin sedang mempertimbangkan untuk bergabung kembali dengan Partai Demokrat dan memasuki pemilihan presiden tahun 2024, demikian menurut laporan media setempat yang dikutip Selasa.

Laporan media yang mengutip sumber yang mengetahui masalah tersebut menuturkan bahwa Manchin yang mengubah pendaftaran partainya menjadi independen pada Mei lalu, sedang mempertimbangkan untuk mencalonkan diri melawan Harris.

Sebelumnya pada Minggu (21/7), Manchin terlebih dahulu menyampaikan permintaan agar Joe Biden mundur dari pencalonan sebelum presiden tersebut mengumumkan keputusannya untuk tidak mencalonkan diri kembali dan mendukung Wakil Presiden Kamala Harris untuk pencalonan presiden dari Partai Demokrat.

Pencalonan Biden menjadi sorotan menyusul kinerja buruknya melawan mantan Presiden Donald Trump dalam debat presiden akhir bulan lalu.

Menghadapi tekanan yang semakin besar, Biden yang telah berusia 81 tahun, mengatakan dalam sebuah surat yang diunggah di media sosial pada Senin (22/7) dini hari, bahwa menjabat sebagai presiden merupakan kehormatan terbesar dalam hidupnya.

“Dan meskipun saya sudah berniat untuk mencalonkan diri kembali, saya yakin ini demi kepentingan terbaik partai dan negara saya jika saya mundur dan fokus hanya pada memenuhi tugas saya sebagai Presiden selama sisa masa jabatan saya,” ucapnya.

Melalui suratnya, Biden juga mengumumkan dukungan untuk Wakil Presiden Kamala Harris yang akan menggantikannya sebagai calon presiden dari Partai Demokrat.

"Hari ini saya ingin memberikan dukungan dan dukungan penuh saya agar Kamala menjadi calon partai kita tahun ini," kata Biden.


Sumber : Anadolu
 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Senator AS Manchin incar pencalonan presiden dari Partai Demokrat

Pewarta : Kuntum Khaira Riswan
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024