Ratahan, (ANTARA Sulut) - Kerusuhan di Kecamatan Ratatotok Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), Jumat (17/4) lalu, yang mengakibatkan rusaknya Kantor Polsek Sub Urban Ratatotok, dan dibakarnya salah rumah
warga diminta segera diusut tuntas. 
Menurut Bupati James Sumendap, saat ditemui Senin (20/4), peristiwa ini harus ditangani serius. "Saya minta pihak berwajib dapat mengusut tuntas terkait kejadian ini," katanya.
Selain itu, Sumendap memintakan agar pihak yang terlibat dalam kasus ini saling menahan diri, dan tak terpancing dengan isu-isu dari pihak-pihak yang tak bertanggung jawab. 
"Ini sudah ditangani pihak yang berwajib, saya meminta semua menghormati proses hukum yang sedang berjalan," tegasnya.
Dirinya menjelaskan, peristiwa yang terjadi tersebut murni masalah kriminal sehingga perlu langsung ada pengusutan terhadap pihak-pihak yang terlibat. 
"Kasus di Ratatotok bukan ada unsur SARA. Ini murni kriminal akibat persoalan tambang yang terjadi di sana, dan memang selama ini masih menjadi persoalan," terang Sumendap. 
Kepada masyarakat, dirinya memintakan agar tetap menjaga kondisi keamanan di Ratatotok.
"Dengan kejadian ini kiranya menjadi pelajaran bagi semua masyarakat di Ratatotok untuk bisa menjaga keamanan. Makanya semua harus tenang dan lebih menjaga ketertiban di lingkungan masing-masing," tandas Sumendap, yang turut didamping Wakil Bupati Ronald Kandoli.

Pewarta : Arthur Karinda
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024