Manado (ANTARA) -
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dan Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara dilanda cuaca ekstrem beberapa hari ke depan.
 
"BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem hingga 16 Juli 2024," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Ben A Molle di Manado, Sulawesi Utara, Sabtu.
 
Dia menjelaskan dua kabupaten tersebut berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.
 
Warga di dua kabupaten tersebut diharapkan berhati-hati terhadap potensi banjir dan tanah longsor serta pohon tumbang yang bisa terjadi saat kondisi cuaca ekstrem.
 
BMKG kata dia akan terus memutakhirkan kondisi terkini daerah-daerah yang berpotensi cuaca ekstrem melalui kanal informasi yang terverifikasi.
 
"Kami mengimbau warga yang tinggal di bantaran sungai ataupun daerah terjal waspada manakala hujan lebat," ajaknya.
 
Dia menjelaskan di tanggal 14 Juli 2024, cuaca ekstrem diperkirakan terjadi di Kabupaten Kepulauan Talaud dan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.
 
Sementara di tanggal 15 Juli 2024, kondisi cuaca serupa berpeluang terjadi di Kabupaten Kepulauan Talaud.
 
Selanjutnya, di tanggal 16 Juli 2024, potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang diprakirakan terjadi di Kabupaten Kepulauan Talaud dan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024