Manado (ANTARA) -  Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Yudhiawan mengatakan ziarah di taman makam pahlawan (TMP) dan tabur bunga di laut tujuannya untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur demi membela nusa dan bangsa.

" Sehingga kita wajib menghormati pengorbanan para pahlawan,” kata Kapolda terkait pelaksanaan ziarah rombongan di TMP Kairagi Manado dan tabur bunga di perairan Bitung, Jumat.

Selain itu, lanjut Kapolda, sebagai generasi penerus bangsa kita juga harus melanjutkan cita-cita para pahlawan.

“Mari kita meneruskan perjuangan para pahlawan melalui bidang tugas masing-masing untuk kepentingan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Kapolda.

Pelaksanaan upacara ziarah rombongan dan tabur bunga di laut, dipimpin langsung Kapolda Sulut Irjen Pol Yudhiawan dan dihadiri Wakapolda Brigjen Pol Bahagia Dachi beserta para pejabat utama Polda Sulut, Ketua, Wakil Ketua, dan Pengurus Bhayangkari Sulut, Anggota Polri serta PNS Polda Sulut.

Rangkaian kegiatan diawali dengan upacara ziarah rombongan, di TMP Kairagi, Kota Manado, selanjutnya, rombongan melaksanakan upacara tabur bunga dari atas Kapal Polisi Baladewa 8002, di perairan sekitar Mako Ditpolairud Polda Sulut, Kota Bitung.

Upacara tersebut ditandai dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, mengheningkan cipta, peletakan karangan bunga dan penaburan bunga di sejumlah pusara,  serta penaburan bunga di laut, ditutup pembacaan doa.
 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024