Manado (ANTARA) - Karantina menggandeng PT Pos Indonesia Manado guna meningkatkan pengawasan pengiriman komoditas hewan dan tumbuhan di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Karantina menjalin komunikasi dengan Pos Indonesia terkait penguatan kerja sama dalam hal pengawasan lalu lintas hewan, ikan, tumbuhan beserta produk olahannya yang dikirim melalui jasa ekspedisi Pos Indonesia," kata Kepala Karantina Sulawesi Utara I Wayan Kertanegara, di Manado, Kamis.

Wayan berharap ke depan Karantina dan Pos Indonesia dapat berkolaborasi lebih baik lagi dalam pencegahan dan pengendalian ancaman penyakit hewan, ikan dan tumbuhan yang dilintaskan antar area/antar negara.

Kerja sama yang baik antara Karantina Sulawesi Utara dan Pos Indonesia ini diharapkan dapat berjalan dengan semakin solid. 

“Sinergitas ini diharapkan bisa membantu pelaku usaha ataupun masyarakat agar produknya dapat memenuhi persyaratan kesehatan sehingga aman dilintaskan ke tempat tujuan baik domestik ataupun ke luar negeri,” kata Wayan.

Kepala Kantor Pos Indonesia Cabang Manado Yatri Marina menanggapi hal ini, Pos Indonesia Cabang Manado menyambut baik rencana kolaborasi ini dan menyatakan kesiapan dalam mendukung karantina untuk menjalankan tugasnya sesuai amanat negara. 

Pos Indonesia juga bersedia memfasilitasi adanya area untuk tempat pemeriksaan yang dapat dipergunakan petugas karantina nantinya.

Bertempat di Kantor Pos Manado, kunjungan Kepala Karantina Sulawesi Utara, I Wayan Kertanegara beserta tim disambut hangat oleh Kepala Kantor Pos Indonesia Cabang Manado Yatri Marina.
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024