Manado (ANTARA) -
Reinhart Garang dan Rey Rahmat menjuarai lomba fotografi bawah laut pada dua kategori berbeda yang digelar Sekretariat Regional Coral Triangle Initiative on Coral Reefs, Fisheries, and Food Security (CTI-CFF) dalam rangka Coral Triangle Day 2024.
 
"Ada sekitar 200 lebih foto dengan kwalitas terbaik yang dinilai. Pada akhirnya kami mengambil keputusan 10 karya terbaik untuk kategori open dan compact camera," kata Nelson Uada mewakili juri lainnya Ben Sarinda dan Franki Runtukahu dan Ketua Panitia
 
Underwater Photo Competition atau Lomba Foto Bawah Laut diumumkan di Sekretariat Regional CTI-CFF di Manado, Sulawesi Utara, Rabu.
 
Dia mengatakan, kompetisi seperti ini tidak hanya mengasah keterampilan fotografi, tapi juga menumbuhkan kecintaan dan kesadaran bersama bahwa melestarikan lingkungan pesisir dan laut adalah sesuatu yang menjadi keharusan.
 
Apalagi, menurut dia, Sulawesi Utara bahkan Indonesia memiliki Taman Nasional Bunaken yang dengan keindahan bawah lautnya menjadi salah satu destinasi wisata dunia yang harus tetap dijaga kelestariannya.
 
"Foto dengan latar belakang keindahan Taman Nasional Bunaken tersebut membawa pesan bahwa semua pihak punya tanggung jawab bersama melestarikan kawasan ini," ujarnya.
 
Dia berharap kompetisi yang digelar 26 Mei 2024 tersebut semakin banyak digelar, sehingga pesan melestarikan lingkungan gaungnya semakin terasa dan berlanjut.

Untuk juara kategori open, berturut-turut pemenangnya adalah Reinhart Garang, Meyer musa dan Mario S. Sedangkan juara kategori compact camera yaitu Rey Rahmat,
Christian Laluyan, dan Elrit Kansil.
 
 

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024