Manado, 9/4 (AntaraSulut) - Pembeli dari Malaysia meminati arang tempurung kelapa dari Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), sejumlah permintaan mulai berdatangan.

"Pembeli dari Malaysia meminati arang tempurung Sulut saat pameran di Pesta Wirausaha 2015 yang diselenggarakan di Jakarta beberapa hari yang lalu," kata Ketua Wirausaha Bank Indonesia (WUBI) Sulut, Ivanry Matu, di Manado, Kamis.

Ivanry mengatakan dengan masuknya pembeli asal Malaysia maka semakin banyak negara tujuan ekspor arang tempurung Sulut.

"Maka produksi akan terus ditingkatkan agar mampu memenuhi permintaan pasar baik domestik dan internasional," jelasnya.

Dia mengatakan saat ini arang tempurung produksi WUBI Sulut telah diekspor ke Tiongkok juga ke Singapura dan Jepang.

"Pengiriman arang tempurung Sulut ke negara-negara tersebut, diharapkan mampu menghasilkan devisa yang cukup tinggi buat negara maupun Sulut pada khususnya," jelasnya.

WUBI, katanya, akan berusaha memberikan produk yang terbaik, dan optimis mampu memenuhi permintaan pasar, baik domestik maupun internasional.

Arang tempurung, katanya, kelihatan sangat diminati negara-negara di Asia, sehingga ke depan, pihaknya berharap, tujuan ekspor tepung kelapa bukan hanya ke Jepang tapi ke berbagai negara di dunia.

Pada tanggal 3-5 April 2015 secara resmi Pesta Wirausaha 2015 diselenggarakan oleh Komunitas Tangan Di Atas (TDA) di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta.

Dalam acara kali ini mengambil tema Indonesia Juara MEA. Tema ini diambil oleh pihak penyelenggara karena sebentar lagi negara di kawasan ASEAN akan menghadapi era baru Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dimana akan terjadi persaingan pasar bebas.

Pesta Wirausaha 2015 menyajikan wawasannya mengenai TDA, wirausaha, dan Masyarakat Ekonomi ASEAN, juga menampilkan pengusaha sukses membagikan pengalaman kesuksesannya dan memberikan motivasinya untuk menjadi wirausaha yang tangguh.

"Lewat pesta wirausaha 2015 tersebut, banyak informasi yang didapat untuk meningkatkan usaha baik bahan baku maupun pasar," jelas Ivanry.

Dalam Pesta Wirausaha 2015 tersebut, WUBI Sulut memamerkan berbahgai keunggulan daerah seperti produk turunan kelapa, perikanan, kerajinan dan industri rumah tangga seperti makanan klapertart. ***3***

Biqwanto

(T.KR-NCY/B/B012/B012) 09-04-2015 17:34:30

Pewarta : Oleh Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024