Manado (ANTARA) - Prajurit Pangkalan Udara TNI Angkatan Laut (Lanudal) Manado totalitas melaksanakan serangkaian kegiatan peran pertahanan pangkalan pada kegiatan puncak penilaian Lanudal Teladan Tahun 2024, di Manado, Selasa.

Wakatim Penilai Lanudal Teladan tahun 2024 dari Disopslatal Kolonel Laut (P) Yudhoko Timuryanto,  menyampaikan terima kasih kepada Prajurit Lanudal Manado yang telah menyelesaikan rangkaian kegiatan penilaian Lanudal Teladan dengan baik dan semangat.

"Saya berikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Komandan Lanudal Manado Letkol Laut (P) Candra Budiharjo dan seluruh prajurit yang telah menunjukkan kekompakan dan sinergitas yang baik dengan Satuan samping dan Masyarakat dalam melaksanakan kegiatan penilaian Lanudal Teladan kali ini", katanya.

Pada kegiatan tersebut Prajurit Lanudal Manado  berkolaborasi dengan satuan kerja dari Yonmarhanlan, Diskes Lantamal VIII, PMK Lantamal VIII, Sat Brimob Polda Sulut dan warga sekitar.

Kegiatan yang dilaksanakan di area Lanudal Manado, hari ini, diawali peran tempur bahaya udara dengan skenario serangan udara dari pesawat musuh yang mengakibatkan kebakaran hebat di dalam pangkalan dan memakan korban,  yang kemudian ditanggulangi dengan peran kebakaran oleh Prajurit Lanudal Manado bersama Tim PMK Lantamal VIII dan Evakuasi Medis Udara (EMU) oleh Tim Balai Pengobatan Lanudal Manado bersama Tim Diskes Lantamal VIII.

Kemudian dilanjutkan dengan melaksanakan peran sabotase, yang pada kesempatan ini Lanudal Manado berkolaborasi bersama Tim Jihandak dari  Brimob Polda Sulut dalam pengamanan bahan peledak dan Peran Penanggulangan Huru-Hara (PHH) bersama Prajurit Yonmarhanlan VIII Bitung, Tim Water Canon Brimob Polda Sulut dan warga sekitar sebagai kegiatan penutup rangkaian Penilaian Lanudal Teladan Tahun 2024 di Lanudal Manado.

Pada hari sebelumnya, Senin (3/6), Lanudal Manado telah melaksanakan serangkaian kegiatan penilaian yang meliputi, kebaharian, bongkar pasang senjata, menembak senjata laras panjang dan pendek serta renang militer.




 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024