Manado (ANTARA) - Bank Indonesia (BI) bersinergi dengan Lantamal VIII melakukan Ekspedisi Rupiah Berdaulat (ERB) tahun 2024 di wilayah kepulauan Sulawesi Utara (Sulut).

"Pelaksanaan ERB tahun 2024 ini selain bersinergi dengan Lantamal VIII, juga dengan Diknas Sulut dan Balai Penjaminan Mutu Pendidikan," kata Kepala BI Sulut Andry Prasmuko, di Manado, Selasa.

Dia mengatakan kali ini tim ERB 2024 akan mengunjungi Pulau Miangas, Pulau Karakelang, Pulau Kawaluso, Pulau Sangihe, dan Pulau Tagulandang.

"Modal kerja yang dibawa oleh Tim ERB sebesar Rp5 miliar," kata Andry.

Dia menjelaskan kegiatan yang dilaksanakan yaitu Penukaran Uang Layak Edar (ULE), menyerap uang tidak layak edar dari masyarakat dan perbankan dengan berbagai pecahan, untuk digantikan dengan uang layak edar.

Kemudian, katanya, sosialisasi Cinta Bangga Paham (CBP) Rupiah dan Literasi Pendidikan, edukasi fungsi dan peran uang rupiah dalam arti dan makna yang lebih luas, untuk menjadikannya satu-satunya alat pembayaran yang sah di NKRI, baik dalam bentuk tunai, non tunai maupun transaksi digital, serta konsultasi klinik pendidikan, pemulihan pembelajaran.

Penyerahan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) yakni penyerahan bantuan sebesar Rp700 juta ke kepulauan, termasuk Rp300 juta diantaranya untuk bencana alam Pulau Tagulandang, berbentuk sembako, peralatan olahraga, dan alat musik, buku-buku pengetahuan, dan untuk Tagulandang diantaranya seng, terpal, obat-obatan yang terkena musibah Gunung Ruang, serta dari BPMP dan Dinas Pendidikan yang membagikan buku-buku bacaan berkualitas.

"Sebanyak Rp5 miliar modal kerja dibawa untuk menjaga ketersediaan uang layak edar dan menarik uang lusuh dari masyarakat di Pulau Miangas, Pulau Kakarotan, Pulau Karakelang, Pulau Kawaluso dan Pulau Tagulandang," jelasnya.

Selain penukaran uang layak edar, dalam ERB ini juga diselenggarakan sosialisasi Cinta Bangga Paham (CBP) Rupiah untuk meningkatkan literasi dan kepedulian masyarakat kepulauan akan uang Rupiah, serta kegiatan literasi pendidikan oleh BPMP dan Dinas Pendidikan.

Kegiatan ERB ini merupakan rangkaian kegiatan sinergi BI Sulawesi Utara, bersama Dinas Pendidikan, BPMP, untuk meningkatkan kualitas SDM Sulawesi Utara dalam perluasan literasi keuangan di Sulawesi Utara.
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024