Manado (ANTARA) - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Ulu Siau, Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara, melaksanakan tes urine terhadap para tahanan yang baru masuk dalam mewujudkan lapas tersebut nihil atau bebas dari narkoba.

Kepala Lapas Ulu Siau Stady Umboh, di Manado, Rabu, mengatakan setiap tahanan yang baru masuk ke lapas tersebut harus melakukan tes urine.

"Setiap tahanan, baik itu dari kepolisian maupun kejaksaan, dilakukan tes urine sebagai komitmen dari Lapas Ulu Siau terbebas dari Narkoba," katanya.

Ia bersyukur sampai saat ini dari tes yang dilaksanakan, semuanya negatif, tidak ada yang positif.

Seperti baru-baru ini dilakukan tes urine terhadap enam tahanan yang baru masuk ke lapas tersebut oleh petugas kesehatan lapas.

Kegiatan yang dilaksanakan di klinik Lapas Ulu Siau tersebut sebagai bagian dari langkah deteksi dini untuk mencegah peredaran dan penyalahgunaan narkoba di lingkungan lapas.

Pemeriksaan ini juga bertujuan untuk memastikan bahwa tahanan baru tersebut bebas dari narkoba dan obat-obatan terlarang, serta untuk mempromosikan lingkungan yang sehat dan bebas dari Narkoba di dalam lapas.

Hasil tes urine terhadap enam orang tahanan tersebut, tidak terindikasi menggunakan Narkoba atau obat-obatan terlarang

Saat ini di Lapas Ulu Siau terdapat 79 orang narapidana dan tahanan terdiri dari 77 laki-laki dan dua orang perempuan.*

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024