Manado (ANTARA) - KPU Kota Manado menyelesaikan tahapan wawancara, bagi para calon anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK), Senin. 

"Hari ini adalah waktu terakhir untuk tes wawancara dan semuanya lancar, meskipun memang ada yang tidak sempat hadir, di hari pertama tetapi di hari terakhir semuanya lancar," kata Ketua KPU Manado, Ferley Kaparang, di Manado. 

Kaparang mengatakan, semua peserta diperlakukan sama dalam tes wawancara, baik yang 'incumbent' atau tidak, ada yang bagus walaupun belum berpengalaman, sebaliknya ada yang tidak.

"Tetapi yang paling kami perhatikan tentu adalah integritas, karena itu juga menjadi penentu mereka dalam bersikap nantinya,"kata Kaparang. 

Dia menambahkan untuk setiap kecamatan dicari 15 orang, tetapi jika ada yang tak sampai jumlah itu, maka tes tetap berjalan. Namun KPU juga melihat dari passing grade, jika memang mencapai standar itu, maka semuanya diloloskan. 

"Namun lima terbaik dari orang-orang itu akan dilantik menjadi anggota PPK dan itu yang lolos seleksi berkas, tertulis hingga wawancara dan tanggapan masyarakat," katanya. 

Dia mengatakan, tes wawancara sudah dilakukan sejak Jumat pekan lalu, dan dijadwalkan selesai Senin. Harapannya semua akan selesai dan Senin malam KPU menggelar pleno menentukan siapa-siapa saja yang akan lolos. 

Para peserta yang lolos dalam tahapan ini nantinya masih akan disaring, karena KPU harus mengumumkan dulu, untuk mendengarkan tanggapan masyarakat, mengenai calon penyelenggara yang akan bertugas dalam pemilihan kepala daerah nantinya.  

 

Pewarta : Joyce Hestyawatie B
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024