Minahasa,  (ANTARA Sulut) - Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajow mengatakan pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Minahasa Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mengalami peningkatan 83,88 persen tahun 2014 dibandingkan tahun sebelumnya.

"PAD yang berhasil didapat Kabupaten Minahasa pada tahun 2014 sebesar Rp58,77 miliar, tumbuh 83,88 persen jika dibandingkan tahun 2013 hanya sebesar Rp31,96 miliar," kata Bupati Jantje pada Rapat Paripurna DPRD Minahasa di Tondano, Selasa.

Dia mengatakan peningkatan PAD tersebut menandakan Kabupaten Minahasa semakin berkembang dengan pertumbuhan yang cukup signifikan tersebut.

Jantje mengatakan Kabupaten Minahasa juga memperoleh Dana Perimbangan sebesar Rp677,15 juta dan pendapatan lain-lain yang sah sebesar Rp12,28 miliar.

"Sehingga total keseluruhan pendapatan Kabupaten Minahasa di tahun 2014 sebesar Rp932,58 miliar atau 99,14 persen dari target yang ditetapkan," jelasnya.

Bupati mengatakan bahwa pola pertanggung jawaban ini sangat penting dalam kerangka membangun komunikasi yang efektif dan konstruktif dengan masyarakat yang direpresentasikan oleh lembaga DPRD yang terhormat ini.

Disampaikan bupati bahwa laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) ini menjelaskan lima hal pokok, yaitu kebijakan umum pemerintahan daerah, pengelolaan keuangan daerah, penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah, penyelenggaraan tugas pembantuan dan penyelenggaraan tugas umum pemerintahan.

Bupati juga menguraikan realisasi di bidang Pekerjaan Umum sebesar Rp122,24 miliar, di bidang Kesehatan sebesar Rp50,30 miliar, di bidang Pendidikan sebesar Rp23,40 miliar, di bidang Pariwisata sebesar Rp4,76 miliar, di bidang pertanian sebesar Rp11,69 juta, di bidang perikanan dan kelautan sebesar Rp6,95 miliar dan di bidang pemerintahan desa sebesar Rp4,06 miliar.

Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajow menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggung jawaban Bupati Minahasa Tahun Anggaran 2014 dihadapan Rapat Paripurna DPRD Minahasa tersebut turut dihadiri Wakil Bupati Ivan SJ Sarundajang dan jajaran Forkompimda Minahasa, dipimpin oleh Ketua DPRD James S Rawung didampingi Wakil Ketua Carey Runtu dan diikuti oleh para Anggota DPRD, Sekdakab Jefrry Korengkeng, Asisten III Hetty Rumagit, Sekwan Dr Vicky Tanor dan para pejabat Pemkab Minahasa

Pewarta : Oleh Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guntur Bilulu
Copyright © ANTARA 2024