SITARO (27/3) AntaraSulut - Harga tiket kapal cepat yang melayani rute pelayaran Manado-Sitaro-Sangihe dinaikkan kembali ke harga normal, menandakan berakhirnya perang tiket murah selama hampirdua bulan oleh tiga perusahaan pelayaran di Manado.

Terpantau di loket penjualan tiket kapal Ekspress Bahari di pelabuhan Manado, Jumat pagi, petugas tidak lagi menjual seharga Rp100 ribu melainkan dengan harga Rp160 ribu untuk tujuan Siau bagi penumpang kelas eksekutif. Sementara untuk kelas VIP tetap dengan harga Rp195ribu.

"Mulai kemarin kami diperintahkan menjual tiket dengan harga normal. Tidak ada lagi harga promo karena lama-kelamaan rugi juga perusahaan," tutur seorang petugas di loket tiket.

Pada loket penjualan tiket kapal cepat MajesticKawanua juga terpantau petugas menjual seharga Rp165 ribu untuk tujuan Siau pada kelas eksekutif. Padahal sebelumnya armada kapal cepat milik PT Pelayaran Lintas Putra Utara ini juga terlibat perang tarip.

Sugeng Riyadi, Kepala Cabang PT Pelayaran Sakti Inti Makmur, perusahaan yang mengoperasikan armada kapal cepat Ekspress Bahari mengatakan, terjadi kesepakatan pihaknya dengan dua perusahaan pelayaran lain agar harga tiket dikembalikan pada posisi normal.

"Kita semua sepakat untuk mengakhiri persaingan yang sudah mengarah pada kondisi tidak sehat. Kita ingin menjalankan usaha, memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat pengguna jasa kapal cepat," kata Riyadi.

Senada, Manager Operasional PT Pelayaran Lintas Putra Utara, Lanny Bengi juga mengatakan, sejak hari ini pihaknya memberlakukan harga tiket normal atas dasar kesepakatan antar sesama perusahaan penyedia jasa pelayaran. 

"Bagi kami, pelayanan terbaik bagi pengguna jasa pelayaran tetap yang terutama karena sejak awal komitmen kami memang pelayanan, tidak semata-mata mengejar laba." jelas Bengi.


Pewarta : Fidel Malumbot
Editor :
Copyright © ANTARA 2024