Manado (ANTARA) - Jemaat Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) mendistribusikan bantuan untuk korban erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, Senin.

"Bantuan yang kami distribusikan ini diberikan oleh anggota jemaat, dikumpulkan kemudian didistribusikan sebagaimana arahan dari Badan Pekerja Majelis Sinode atau BPMS GMIM," kata Ketua Badan Pekerja Majelis Wilayah Lokon Empung, Pendeta Nixon TR Lumi, STh saat menyerahkan bantuan di Jemaat GMIM Sion Tambuasin Wilayah Serei di Likupang Barat, Kabupaten Minahasa Utara.

Pendeta Nixon mengatakan, bantuan yang disalurkan di Jemaat GMIM Sion yang menjadi posko Wilayah Serei dikumpulkan oleh jemaat GMIM Solafide Tinoor, jemaat GMIM Filadelfia Tinoor, jemaat GMIM Kinilow Yerusalem, jemaat GMIM Markus Kinilow dan jemaat GMIM Petra Kinilow.

Dia berharap bantuan yang didistribusikan tersebut bisa menolong dan mengurangi beban yang dirasakan warga Tagulandang yang menjadi korban erupsi Gunung Ruang.

"Semoga dapat diterima dengan penuh sukacita bantuan yang kami berikan ini," harap Pendeta Nixon.

Bantuan yang disalurkan adalah beras, minyak goreng, gula, deterjen, telur, air mineral kemasan, mie instan, peralatan memasak hingga pakaian layak pakai

Ketua Jemaat GMIM Sion Tambuasin yang juga ketua posko, Pendeta Nouce E Tuwaidan STh, mengatakan, warga yang mendapatkan bantuan berasal dari sejumlah desa yang ada di Tagulandang.

"Mereka menggunakan kapal pengangkut yang telah disiapkan, ada juga bantuan yang masuk ke posko yang dikirimkan ke Tagulandang," katanya.

Dia mengatakan, sebagaimana data di posko ada sebanyak 74 warga Tagulandang dari desa/kampung Tulusan, Haasi, Mongsawang, Belehumara, Barangkapehe, Mulengen, Bahoi, Minanga, dan Tulusan Hamu yang menjadi korban erupsi Gunung Ruang.

"Kami berterima kasih untuk bantuan yang diberikan ini, ini sangat menolong," katanya.

Gunung Ruang di Pulau Ruang erupsi pada Selasa (16/4) setelah rentetan peningkatan gempa vulkanik.

Saat ini, PVMBG telah menurunkan statusnya menjadi siaga level III setelah naik level IV (awas) di hari yang sama.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024