Tomohon, (ANTARASulut) - Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora) membuka peluang bagi Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara mengikuti program tes pemanduan bakat atlet yang dibiayai anggaran pendapatan dan belanja negara.

"Jadi di Provinsi Sulut hanya dua daerah yang diberi peluang oleh Kemenpora mengikuti program itu yaitu Kota Tomohon dan Kota Kotamobagu," kata Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman di Tomohon.

Wali Kota mengatakan, program ini selaras dengan upaya pemanduan dan pembinaan minat serta bakat para atlet sedini mungkin, yang nantinya diharapkan berprestasi di kancah nasional maupun internasional.

"Karena itu pemerintah kota melalui dinas pemuda dan olahraga akan memaksimalkan peluang tersebut. Ini penting untuk pembinaan atlet dari Kota Tomohon. Program ini diharapkan akan diikuti 400 pelajar usia 12 sampai 14 tahun (tingkat SMP) dan diutamakan yang berpotensi di bidang olahraga yang nantinya akan diajukan ke Kemenpora," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Olga Karinda mengatakan, tujuan program ini adalah mengoptimalkan penjaringan bibit-bibit atlet potensial di kemudian hari.

Ada beberapa kriteria penjaringan yaitu pelajar usia 12-14 tahun (SMP) sebanyak 400 orang diutamakan berpotensi di bidang olahraga, kabupaten dan kota memiliki komitmen tinggi membina hasil program pemanduan bakat sehingga menjadi atlet berprestasi.

Selanjutnya, wajib memiliki klub-klub/sentra pembinaan atlet/olahragawan junior serta bersedia melaporkan perkembangan pembinaan atlet hasil program pemanduan bakat kepada Kemenpora RI melalui asisten deputi pembibitan olahragawan minimal satu kali dalam setahun.

"Pelaksanaan tes pemanduan bakat ini akan dimulai bulan April dan Mei 2015. Karena itu diharapkan kepada orang tua yang memiliki anak-anak usia 12-14 tahun tinggi badan 145 cm dan memiliki potensi menjadi atlet agar memersiapkan diri mengikut program tes pemanduan bakat," katanya.

Selanjutnya, kata dia, setelah melewati tahapan tes, akan dididik dan dibina menjadi atlet profesional.

"Semoga dengan terselenggaranya program ini akan tampak bibit baru atlet berpotensi dan berbakat. Peserta program ini dapat mendatangi langsung Dinas Pemuda dan Olah Raga Kota Tomohon untuk mendapatkan informasi lebih jelas," ajaknya.
   



Pewarta : Oleh Karel A Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024