Manado (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Utara (Sulut) Sarbin Sehe menata aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan kantor itu agar memberikan kinerja yang profesional untuk melayani masyarakat.

"Semangat kebangsaan harus terus ditanamkan di dalam kehidupan sebagai abdi negara dan abdi masyarakat, karena  hal ini sudah menjadi komitmen seorang ASN," kata Sarbin, di Manado, Sabtu.

Dia mengatakan reformasi birokrasi saat ini telah melahirkan paradigma baru. Tata kelola dan nilai sumber daya manusia yang kita kelola di masa depan sudah menjadi lebih baik.

Dia menjelaskan terdapat tiga nilai dasar dalam menata ASN Kemenag, yaitu  kualifikasi, kompetensi dan kinerja.

"Hal ini mendukung kita agar bisa berkinerja profesional," ujar Kakanwil.

Balai Diklat Keagamaan Manado telah memberi kesempatan pengelolaan SDM Kemenag yang lebih baik dengan menyediakan berbagai jenis pelatihan, karena dari hasil survei menyatakan bahwa bagi ASN yang tidak pernah mengikuti diklat dianggap sebagai indikator kurang profesional atau profesionalnya rendah.

Kakanwil juga berpesan kepada semua ASN agar terus menjaga kesehatan di tengah beredarnya berbagai penyakit. 

Jangan ragu untuk mengontrol kesehatan dengan pemeriksaan rutin, dengan mengatur pola hidup sehat, menjaga hubungan silaturahmi antar sesama.

Terakhir, Kakanwil  mengucapkan selamat kepada ASN Muslim yang akan merayakan lebaran, selamat menyambut Idul Fitri 1 Syawal 1445H, diucapkan mohon maaf lahir dan batin.

Kakanwil mengimbau agar terus menghargai berbagai perbedaan di lingkungan masing-masing, karena perbedaan itu adalah rahmat.
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024