Minahasa, (AntaraSulut) - Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajouw melakukan memorandum of understanding (MoU) dengan Universitas Katolik (Unika) De La Salle Manado guna peningkatan sumber daya manusia (SDM) di Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Saya memberikan apresiasi dan rasa terima kasih atas kehadiran civitas akademika Unika De La Salle Manado yang mau berpartisipasi dalam pembangunan manusia di Minahasa," kata Jantje, di Tondano.

Bupati mengharapkan agar sumber daya yang potensial di Kabupaten Minahasa akan diikuti dengan SDM yang tepat, sehingga kehadiran Unika De La Salle ini kiranya dapat ikut mewujudkan ketersediaan SDM yang baik.

"Karena SDM yang berkualitas akan mampu melakukan sesuatu yang bersifat membangun daerah," jelasnya.

Rektor Unika De la Salle Pastor Revi Rafael HM Tanod mengatakan kesepakatan bersama yang mulai dibangun ini memiliki ruang lingkup baik penyiapan fasilitas, infrastruktur, kurikulum, program pelaksanaan serta sumber daya manusia dan penerima program kerja sama.

"Juga tentang penyelenggaraan penataran dan pelatihan serta pengembangan SDM, dan pendampingan di bidang pertanian, ekonomi, kesehatan, sosial," kata Revi.

Rektor Pastor Revy Tanod MSC juga mengulas sejarah berdirinya Unika de La Salle sejak tahun 2000 di Sulut ini dengan motto Religio, Mores, Cultura.

Dia juga menguraikan pula tujuan perguruan Tinggi yang dipimpinnya, untuk memberikan kontribusi dalam riset dan menemukan rekomendasi yang tepat dalam pembangunan di tanah Minahasa dan manusia seutuhnya," jelasnya.

Kegiatan yang dihadiri oleh Sekdakab Jeffry Korengkeng, Asisten II Dr Willford Siagian, Asisten III Hetty Rumagit, Kepala Bapelitbangda Jacky Walukow dan para Kepala SKPD lainya, diawali dengan penyampaian awal oleh Rektor Unika De la Salle PS Revi Rafael HM Tanod yang didampingi oleh Wakil Rektor I Johannes A Timbuleng, Wakil Rektor II Dr Franki M Paath, Wakil Rektor III Dr Valentini Lumowa, para dekan dan ketua lembaga.

Kegiatan yang dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab ini, diakhiri dengan tukar menukar plaket.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024