SITARO (13/3) AntaraSulut - Persediaan energi listrik yang dimiliki PT PLN Ranting Siau jauh melebihi kebutuhan masyarakat dan aktifitas perekonomian. Dengan cadangan yang dimiliki saat ini, 500 kilowatt, cukup untuk memasok listrik untuk mengoperasikam prrbelanjaan atau mall.

"Andaikata di Siau saat ini ada satu mall, stok listrik kita mampu memenuhi pasokan listrik untuk pengoperasian mall. Artinya, stok listrik di Siau saat ini lebih dari cukup," kata pimpinan PLN Ranting Siau, Robby Mandagi, Jumat.

Dengan kata lain, lanjut Mandagi, masyarakat Siau dan pelaku usaha tidak usah ragu untuk mengembangkan aktifitas atau usaha yang membutuhkan listrik karena PLN menjamin bisa memenuhi kebutuhan listrik. Mesin pembangkit di Siau juga terawat baik dan bisa memproduksi listrik maksimal.

Jika ada masyarakat rumah tangga yang membutuhkan listrik, menurutnya, PLN segera menindaklanjuti karena prrsediaan saat ini masih mampu untuk memenuhi permintaan sekira 1.500 sambungan baru.

Pasokan bahan bakar minyak (BBM) untuk mesin pembangkit listrik dalam beberapa bulan terakhir ini relatif baik dan lancar Karena itu, Mandagi memastikan tidak ada pemadaman yang dengan alasan tidak ada BBM sebab rekanan PLN yang memasok bahan bakar selalu tepat waktu.

"Kalau ada pemadaman itu insidentil karena gangguang teknis di jaringan, misalnya korsletting akibat tertimpa sesuatu sehingga otomatis aliran harus dimatikan demi keamanan," katanya.

Mesin pembangkit listrik tenaga diesel di Ondong memiliki daya mampu 3.200 kilowatt, sedangkan beban puncak pada malam hari maksimum jaringan se Siau sekitar 2.700 kilowatt.

Pewarta : Fidel Malumbot
Editor :
Copyright © ANTARA 2024