Manado (ANTARA) - Sejumlah warga Minahasa Selatan siap memberi dukungan kepada Caleg DPR RI dari Partai Golkar Jerry Sambuaga, karena dinilai figur terbaik, bersih, pintar, rendah hati dan all-out berjuang untuk Sulut. 

“Minsel tak mau ketinggalan. Yel-yel coblos Jerry Sambuaga Caleg DPR RI nomor urut 2 dari Partai Golkar menggema di semua kecamatan dan desa. Yel-yel itu sudah tertanam baik di benak masyarakat,” kata  Rovel Roong, warga Minsel saat ditemui wartawan di Ranoyapo, Sabtu (3/2).

Masyarakat meneriakkan Jerry Sambuaga, menurut Rovel karena putra mantan Menteri Tenaga Kerja dan Menteri Perumahan Rakyat Theo Sambuaga itu bisa mengawal aspirasi masyarakat dan mengangkat citra Sulut di DPR RI. 

“Pengalaman dan rekam jejak Jerry yang gemilang menjadi jaminan. Sebagai Wakil Menteri Perdagangan, ia juga sudah berkontribusi untuk Sulut dengan membawa hampir Rp100 miliar buat perbaikan dan revitalisasi pasar di Sulut. Dari berbagai aspek, Jerry paling menonjol,” ujar Rovel. 

Maka itu, ia percaya Minsel akan menyumbang suara yang signifikan buat Ketua DPP Golkar dan Ketua Umum DPP AMPI itu. 

“Warga antusias memenangkan Jerry Sambuaga,” ucapnya. 

Pernyataan Rovel tersebut dibenarkan Christiany, warga Amurang. 

“Saya kira hanya di Manado, ternyata kalangan pelajar dan mahasiswa di Minsel juga banyak mendukung Jerry. Memang sudah ada kesadaran warga untuk memilih calon terbaik,” ujar mahasiswi yang sementara menimba ilmu pada salah satu perguruan tinggi ternama di Manado ini.
 
Fenomena melejitnya dukungan buat Jerry Sambuaga menjadi perhatian tokoh masyarakat Minsel, Edyson Masengi. 

Mantan anggota DPRD Sulut ini memerinci beberapa indikator yang membuat masyarakat jatuh hati pada mantan pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) itu. 

“Indikator itu adalah usia produktif kerja, standar intelektualitas, kompetensi dan pengalaman manajerial, prestasi yang tidak dibuat-buat, karakter dan kualitas diri (moralitas), pergaulan dan interaksi sosial, pun kehandalan memperjuangkan aspirasi dan mengawasi anggaran. Jerry memang figur yang layak dipercaya dan diandalkan,”  kata Edsyon. 

Pria asal Tompaso Baru ini optimistis Jerry dapat melenggang ke DPR RI. “Hasil survey sejumlah lembaga kredibel untuk Jerry bagus. Dengan keberadaan Jerry, suara Sulut akan lebih terdengar di DPR RI. Maklum, selain punya jejaring, Jerry juga piawai berkomunikasi dan berdebat,” ujarnya.

Edyson benar. Survei sejumlah lembaga kredibel memang memperlihatkan tingginya kesukaan dan keinginan masyarakat Nyiur Melambai untuk  mengantar Jerry Sambuaga kembali ke DPR RI. 

“Jerry dikenal ramah, pintar, berprestasi dan rendah hati. Tipe seperti itu memang disenangi masyarakat. Tak heran bila lembaga survei menempatkan Jerry sebagai salah satu figur yang akan lolos ke Senayan,” kata pengamat politik Sulut, Sony Undap.***

Pewarta : Joyce Hestyawatie B
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024