Manado, 4/3 (AntaraSulut) - Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajouw menargetkan hingga 2018 setiap kecamatan di Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara, memiliki pusat kesehatan masyarakat yang layak.

"Saya menargetkan hingga Tahun Anggaran 2018 nanti semua kecamatan di Minahasa akan memilki puskesmas yang lebih layak, sehingga pelayanan kesehatan masyarakat akan semakin berkualitas dan optimal," katanya di Manado, Rabu.

Setelah Puskesmas Pineleng yang diresmikannya, katanya, minggu depan akan diresmikan puskesmas di Kecamatan Kawangkoan Barat dan Kakas.

"Target kami hingga akhir jabatan nanti, Minahasa akan memiliki 25 puskesmas baru," katanya.

Dia mengatakan pada 2015 rencananya dibangun enam puskesmas sehingga akan ada 11 puskesmas baru di kabupaten setempat hingga akhir tahun.

Ia mengatakan pembangunan bidang kesehatan menjadi prioritas utama Pemkab Minahasa. Oleh karena itu, pemkab juga akan melengkapi semua kebutuhan di puskesmas yang baru, seperti tempat tidur, kursi roda, dan taman.

"Selain puskesmas, kami juga melakukan perbaikan untuk Rumah Sakit Sam Ratulangi di Tondano, dan pada hari Sabtu (7/3) nanti beberapa bangunan utama akan diresmikan," katanya.

Ia menargetkan pada tahun depan, seluruh bangunan utama, termasuk ruang operasi, sudah akan diperbaiki.

Selain itu, katanya, pemkab juga akan menganggarkan biaya perawatan untuk setiap puskesmas baru.

Jantje Wowiling Sajow meresmikan Puskesmas Pineleng di Desa Pineleng I, Kecamatan Pineleng.

Acara dihadiri pula oleh Ketua TP PKK Dr Olga Sajow Singkoh, Ketua Komisi III DPRD Minahasa Rommy Leke, Kadis Kesehatan dr Juliana Kaunang, Camat Pineleng Moody Pangerapan, Kapolsek Pineleng AKP Roly Sahelangi, Kabag Humas dan Protokol Agustivo Tumundo.

Selain itu, kepala Puskesmas Pineleng, para tokoh adat, dan undangan lainnya. Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Minahasa dan pengguntingan pita oleh Ketua TP PKK Dr Olga Sajow Singkoh. ***4***



(T.KR-NCY/B/M029/M029) 04-03-2015 05:28:14

Pewarta : Oleh Nancy Lynda Tigauw
Editor :
Copyright © ANTARA 2024