Manado (ANTARA) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Kotamobagu Sulawesi Utara Jamaluddin Lamato mengatakan Calon Jamaah Haji (CJH) cadangan tahun 2024 harus melakukan pelunasan biaya haji.

"Selain melakukan pelunasan biaya haji, juga termasuk memenuhi semua kriteria dan kewajiban untuk berangkat ke Tanah Suci," kata Lamato, di Kotamobagu, Rabu.

Lamato mengatakan sejumlah persiapan yang harus dilakukan oleh calon jamaah Haji cadangan 2024, termasuk pemeriksaan kesehatan, pembuatan paspor, dan pelunasan biaya.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Hi Sahran Noor Gonibala mengatakan para CJH cadangan ini menjadi langkah awal dalam memastikan bahwa seluruh proses persiapan pelaksanaan ibadah haji tahun 2024 berjalan lancar dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Sahran Noor Gonibala memberikan arahan kepada calon jamaah haji cadangan 2024 terkait pemeriksaan kesehatan yang wajib dilalui sebagai salah satu syarat utama keberangkatan.

"Pemeriksaan kesehatan ini bertujuan untuk memastikan bahwa setiap calon jamaah haji dalam kondisi fisik yang optimal sehingga dapat menjalankan ibadah haji dengan baik," jelasnya.

Ia mengatakan pentingnya menjaga kesehatan selama proses persiapan dan selama menjalani ibadah haji di Tanah Suci.

Gonibala menekankan bahwa paspor adalah dokumen yang sangat penting untuk perjalanan ke luar negeri, termasuk ke Tanah Suci.

Oleh karena itu, CJH diingatkan untuk segera melengkapi seluruh persyaratan yang dibutuhkan untuk pembuatan paspor agar tidak mengalami kendala di kemudian hari.

“Pelunasan biaya haji harus dilakukan tepat waktu dan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Keterlambatan pelunasan dapat berpotensi menghambat proses persiapan dan keberangkatan, sehingga diimbau kepada calon jamaah haji agar mematuhi jadwal yang telah ditetapkan,” jelasnya.
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024