Manado (ANTARA) - Ketua DPP Partai Golkar, Dr Jerry Sambuaga menyatakan Kota Langowan, Kabupaten Minahasa, merupakan spesial baginya, usai ngopi bareng masyarakat Langowan, Sabtu (30/12).  

“Ini kota sejuk, saya rindu suasananya. Bagi saya Langowan selalu spesial. Apalagi saya punya banyak keluarga di sini. Jadi ini semacam nostalgia. Saya bahagia bisa bertemu oma, opa dan semua sadauara di Langowan,” kata Jerry, kepada wartawan di sela-sela kegiatan ngopi bareng  dengan masyarakat di Langowan. 

Spesial Langowan tersebut membuat Wakil Menteri Perdagangan  (Wamendag) ini memilih kota ini untuk bersantai di akhir tahun sekaligus ngopi bareng bersama masyarakat Langowan.

Jerry tak sendiri, alumnus S1, S2 dan S3 perguruan tinggi ternama itu datang bersama ayahnya, mantan Menteri Tenaga Kerja dan Menteri Perumahan Rakyat Theo L. Sambuaga dan sang kakak Eddy Sambuaga. 

Sejumlah tim juga mendampinginya. Kehadiran Jerry disambut antusias masyarakat.  “Jerry Sambuaga figur rendah hati, pintar, mudah ditemui dan selalu bersama rakyat. Kami pilih dan topang Jerry menuju DPR RI,” kata salah satu warga. 

Ratusan warga yang hadir bersemangat mendukung calon legislatif (Caleg) DPR RI Nomor Urut 2 Partai Golkar dari Dapil Sulut itu. Mereka optimistis pria yang pernah mengajar di Universitas Indonesia (UI), Universitas Pelita Harapan (UPH), Universitas Sam Ratulangi (Unsrat), Universitas Pertamina, Universitas Paraminda dan London Schoool of Public Relations itu bisa lolos ke Senayan. 
  Theo L Sambuaga mendampingi Jerry Sambuaga ngopi dengan warga Langowan (1)

“Suatu kebahagian bagi masyarakat Langowan jika Prabowo-Gibran  jadi pemimpin negeri ini dan Jerry Sambuaga lolos ke DPR RI. Kami doakan dan topang perjuangan ini,” ucap warga lainnya.

Selain menyampaikan dukungan, kehadiran Jerry juga dimanfaatkan warga untuk menyampaikan berbagai aspirasi. Dari harga cengkih-kopra yang tidak kondusif sampai pemberdayaan UMKM, termasuk pula pelatihan dan pasar murah.   

“Cengkih dan kopra adalah komoditas unggulan Sulut. Tiga minggu lalu, saya sudah sampaikan ke Menteri Perdagangan (Mendag) agar cengkih dan kopra mendapat perhatian lebih,” ujar Ketua Umum DPP AMPI ini. Jerry akan mematangkan upaya ini dengan Direktur Pengembang Ekspor Kementerian Perdagangan. “Kami akan ambil data dan temui pedagang. Setelah itu kami kurasi produk,” ucapnya. 

Dalam konteks ekspor cengkih dan kopra, Kementerian Perdagangan  menurut Jerry akan mengoptimalkan 46 atase perdagangan di luar negeri.   

“Cengkih dan kopra harus go global. Kasih kami waktu,” kata pria yang sukses membawa neraca perdagangan Indonesia ini surplus 43 bulan berturut-turut.

Jerry juga akan terus mengupayakan pelatihan UMKM seperti yang sudah dilakukan selama ini. “Usulan untuk mengadakan pasar murah juga akan kita upayakan, mudah-mudahan ada waktunya. Semua proposal yang masuk akan diperjuangkan,” ucapnya.

Jerry tak ingin menjanjikan, tapi akan berupaya memperjuangkannya.  Perjuangan sebelumnya sudah ia perlihatkan dengan sukses mendatangkan hampir Rp100 miliar buat perbaikan dan revitalisasis pasar di Sulut, salah satunya Pasar Tematik Bunaken dengan nilai Rp75 miliar. 

“Sebagai putra daerah, saya akan memprioritaskan Sulut. Mohon doa restu dan dukungannya,”  ujar Jerry.*

Pewarta : Joyce Hestyawatie B
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024