Manado (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
(BMKG) berharap warga Sulawesi Utara mewaspadai potensi hujan lebat yang dapat disertai angin kencang.

"BMKG mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem hingga 23 Desember 2023," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado Ben A Molle di Manado, Rabu.

BMKG mengajak warga mewaspadai potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di sebagian besar wilayah Sulawesi Utara.

Warga yang tinggal di daerah rawan bencana banjir, tanah longsor bahkan pohon tumbang diharapkan berhati-hati apabila melakukan aktivitas saat cuaca ekstrem.

Informasi terkini terkait dengan potensi cuaca ekstrem akan disebarluaskan melalui kanal-kanal BMKG yang telah terverifikasi.

Ben menjelaskan, pada 21 Desember 2023 cuaca ekstrem diprediksi terjadi di Kota Tomohon, Kota Kotamobagu, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, dan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

Selanjutnya di tanggal 22 Desember, di Kota Manado, Kota Bitung, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Kabupaten Kepulauan Sangihe, dan Kabupaten Kepulauan Talaud.

Sementara di tanggal 23, hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berpeluang terjadi di 15 wilayah kabupaten dan kota di provinsi tersebut.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024