Manado (ANTARA) -

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan beberapa kabupaten dan kota di Sulawesi Utara telah memasuki musim hujan. 

"Hujan belum merata di 15 kabupaten dan kota di Sulut," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Minahasa Utara, M Candra Buana di Manado, Kamis.

Wilayah-wilayah yang telah memasuki musim hujan yaitu Kota Bitung, sebagian Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa bagian selatan, Kabupaten Minahasa bagian selatan, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Kota Kotamobagu dan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

Selanjutnya, yang belum memasuki musim hujan yaitu Kota Manado bagian utara, Kabupaten Minahasa Utara, Kota Tomohon bagian utara, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow bagian utara dan Kabupaten Bolaang Mongondow bagian utara.

"Jadi wilayah-wilayah yang belum musim hujan dapat dikatakan masih memasuki musim kemarau," ujarnya.

Candra mengatakan, suatu daerah dinyatakan telah memasuki musim hujan manakala dalam tiga dasarian rata rata curah hujan di atas 50 milimeter atau dalam satu bulan curah hujan di atas 150 milimeter.

Dia mengatakan, belum meratanya musim hujan di kabupaten dan kota di Sulut diakibatkan pergerakan angin, topografi masing-masing wilayah bisa berbeda.

"Semua wilayah memiliki keunikan tersendiri. Seperti Kota Manado belum dikategorikan memasuki musim hujan karena meskipun sudah diguyur hujan namun dalam  tiga hari dasarian belum cukup memenuhi curah hujan 150 meter," ujarnya.
 

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024