Manado (ANTARA) - Sebanyak 527 mahasiswa Universitas Negeri Manado (Unima) di Tondano berminat ingin menjadi wirausaha mandiri, itu ditandai dengan kesiapan keikutsertaan mahasiswa dalam seminar yang akan dilaksanakan 14 November 2023, di gedung kuliah bersama Unima di Kampus Tonsaru.

Johanris Rafael Gultom selaku Ketua Pelaksana, Senin, mengatakan seminar bertema "Membentuk Jiwa Wirausaha yang Kompetitif, Kreatif dan Inovatif"  menarik minat mahasiswa Unima kendati kegiatan ini berbayar.

"Kami terkejut antusiasnya mahasiswa, kendati berbayar dan memang  terjangkau, peminat lumayan banyak. Telah mendaftar 527 rekan," ujar Gultom, mahasiswa Fakultas Ekonomi & Bisnis (FEB) Unima.

Mahasiswa peserta seminar wajib membayar Rp20.000 per orang. 

Biaya tersebut sebagai pengganti makan-minum, sertifikat dan biaya seminar. 
  DR. Grace Soputan, MSi bersama Kelompok ESG FEB UNIMA. (Foto ist)
Dosen pendamping Entrepreneurship Study Group (ESG) FEB Unima, Dr Grace Jenny Soputan, MSi menjelaskan, tujuan seminar yang terbuka bagi seluruh mahasiswa Unima itu memiliki tujuan khusus.

"Tujuannya antara lain memotivasi dan membangkitkan jiwa wirausaha bagi mahasiswa Unima," kata Dr Grace, dosen Kewirausahaan FEB Unima.

Seminar yang digagas kelompok studi kewirausahaan FEB Unima ini menghadirkan pembicara dari kalangan pebisnis dan profesional di Sulawesi Utara.

Pembicara antara lain, Bandisa Sastika General Manager Hotel Aston Manado.

Ada pula profesional muda, Syahrul Yanis Bakri selaku Supervisor Consumer Sales Operation Bitung Minahasa PT Telkomsel.

Pembicara ketiga Dr. Meidy Kantohe, Ketua Unit Penunjang Akademik Pengembangan Karir dan Kewirausahaan Unima. 

Kelompok mahasiswa  bergabung dalam  ESG FEB Unima tersebut sering mengikuti kegiatan positif di bidang wirasaha.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Dr. Joseph P. Kambey,  SE, MBA, Ak, mendukung sepenuhnya kegiatan yang digagas oleh mahasiswa ESG. "Kegiatan positif ini kami dukung dan mendorong mahasiswa FEB Unima lainnya melakukan hal serupa", kata Joseph Kambey.

Kali ini,  ESG FEB Unima untuk pertama kali menjadi event organizer, diawali dengan kegiatan seminar.  (*)

Pewarta : Joice Bukarakombang
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024