Manado (ANTARA) - KPU Kota Manado resmi menetapkan 558 orang masuk Daftar Calon Tetap (DCT) calon anggota legislatif untuk Pemilu 2024 dari 16 partai politik, Jumat, dalam sebuah pleno. 

"Kami menetapkan 558 orang masuk DCT sebab sudah memenuhi persyaratan yang ditentukan," kata ketua KPU Manado, Ferley Kaparang, usai penandatanganan DCT, di kantor KPU Manado. 

Kaparang mengatakan, sebelum penetapan DCT ada tahapan DCS dengan jumlah bakal calon sebanyak 559 orang, yang artinya ada satu yang dianggap tak memenuhi syarat dan dieliminasi, namun tidak menyebutkan secara rinci siapa orang itu. 
  Penyerahan SK DCT kepada perwakilan partai (Foto ANTARA/Joice)

Kaparang mengatakan, setelah penetapan DCT KPU menyerahkan juga SK DCT kepada seluruh peserta pemilu, yang diterima oleh masing-masing perwakilan parpol. 

"Kami menyerahkan daftar kepada seluruh parpol peserta pemilu sebagai pemberitahuan, dan tentu saja sangat berharap semoga tidak ada sengketa, pasca penetapan DCT ini," kata Kaparang. 

Mengenai dua orang calon yang belum memasukan SK pemberhentian atau pensiun dini, menurutnya tetap masuk dalam DCT karena masih mendapatkan kesempatan melengkapinya sampai 3 Desember nanti. 

Sementara Koordinator Divisi Teknis KPU Manado, Hazrul Anom, menjelaskan sesuai dengan edaran yang diterima, keduanya tetap diberikan kesempatan untuk melengkapi persyaratan yang diminta sampai 3 Desember. 
  Penyerahan SK DCT kepada perwakilan partai (Foto ANTARA/Joice)

"Kami sudah mengingatkan, bahwa 3 Desember adalah batas akhir pemasukan kelengkapan berkas, tetapi kami berharap sebelum sudah ada dan dimasukan," katanya. 

Mengenai langkah KPU jika seandainya sampai waktu yang ditetapkan, syarat yang diminta belum masuk, Anom menjelaskan, hal itu segera dikonsultasikan ke KPU pusat, sehingga tidak akan menimbulkan masalah baru. 

Anom juga menambahkan, jika seandainya kedua calon yang sudah ditetapkan memenuhi syarat dan masuk dalam DCT itu tak bisa memenuhi syarat, tidak akan mempengaruhi kondisi yang lainnya, meskipun yang bersangkutan adalah calon perempuan. 
 

Pewarta : Joyce Hestyawatie B
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024