Manado (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Utara menyebutkan mahasiswa sebagai salah satu perpanjangan tangan lembaga tersebut dalam menyebarluaskan informasi pemilu.

"Peran serta mahasiswa juga sangat penting sebagai perpanjangan tangan KPU dalam mensosialisasikan Pemilu," kata Pejabat Fungsional Ahli Madya KPU Aminuddin Ilolu di Manado.

Mahasiswa juga dapat mengajak teman-teman lainnya agar dapat berkontribusi di Pemilu 2024 untuk menentukan nasib bangsa ke depannya.

Di sisi lainnya, Kepala Bagian Perencanaan, Data dan Informasi KPU Sulut Winda Tulangow mengatakan KPU Sulut sangat terbuka untuk melakukan studi banding.

“Melalui kegiatan (studi banding) ini kami juga dapat mensosialisasikan terkait kepemiluan yang sebentar lagi akan dilaksanakan di tanggal 14 Februari 2024”, ungkapnya.

Tahapan pemilu yang telah dilaksanakan dan sementara berlangsung yaitu penyusunan daftar calon tetap anggota DPRD dan setelah itu penetapan daftar calon tetap anggota DPRD.

Personel KPU lainnya, Kasubag Teknis Penyelenggaraan Pemilu dan Parhupmas, Novie Trenly Runtukahu menambahkan salah satu tugas KPU sebagai penyelenggara yakni melakukan sosialisasi kepemiluan ke setiap tingkatan.

Namun di era yang serba digital ini sosialisasi tentang kepemiluan melalui media sosial lebih tepat sasaran ke generasi muda.

"KPU Sulut memanfaatkan media sosial sebagai sarana sosialisasi agar penyebaran informasinya lebih massif sehingga dapat meningkatkan partisipasi dari kalangan generasi muda," ujarnya.

KPU Sulut menerima kunjungan studi banding mahasiswa Universitas Ichsan Gorontalo.

"Tujuan kunjungan ini untuk menambah pengalaman keilmuan maupun wawasan serta menjawab keingintahuan adik-adik mahasiswa terkait kepemiluan," ujar Ketua Jurusan Fakultas Sosial Politik Minarni Tolapa S.Sos.

 

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024