Manado, (ANTARA Sulut) - Sebanyak 165 wisatawan mancanegara asal Republik Rakyat Tiongkok melakukan penerbangan langsung dari negaranya ke Manado, Sulawesi Utara, untuk berwisata selama lima hari, 9-13 Februari.

"Wisatawan mancanegara tersebut berasal dari Chengdu, Sichuang, RRT, dan melakukan penerbangan langsung selama 4,5 jam untuk berwisata di Manado dan Sulawesi Utara umumnya," kata Wakil Wali Kota Manado Harley Mangindaan yang secara khusus menyambut wisatawan di Bandar Udara Sam Ratulangi, Manado, Senin sore.

Harley mengatakan selama lima hari di Manado, para wisman tersebut akan berkunjung ke sejumlah lokasi wisata andalan Sulawesi Utara, seperti Taman Nasional Laut Bunaken, Kota Bunga Tomohon, Bukit Kasih Kanonang Minahasa, Pulau Lihaga Minahasa Utara dan terutama melihat Pecinan yang sedang bersiap menyambut tahun baru Imlek 2566.

Dia mengatakan, sebagai pemerintah merasa sangat bangga, karena Manado menjadi tujuan wisata dari para turis mancanegara tersebut, dan berjanji akan membuat mereka nyaman dan betah selama berwisata.

"Mereka datang dengan menggunakan penerbangan secara langsung dari Tiongkok, tanpa transit, sehingga langsung masuk Manado, tentu saja ini adalah kebanggaan dan kehormatan bagi Manado," katanya.

Dia berharap Manado akan semakin dikenal di mata dunia dan menjadi tujuan wisata nomor satu, dan pemerintah kota akan berusaha memperbaiki berbagai fasilitas pariwisata di Manado, sehingga akan membuat seluruh wisatawan baik nusantara maupun mancanegara akan merasa kerasan dan senang dengan situasi Manado.

Pemandu wisata Demmi Chang, mengatakan para wisatawan yang datang tersebut terdiri atas 160 orang dewasa dan lima orang anak-anak, yang semuanya bertujuan untuk berwisata ke Manado, Sulawesi Utara.

"Mereka menempuh perjalanan selama 4,5 jam, dari Chengdu, Sichuang Tiongkok sampai ke Manado, karena tidak transit sama sekali, dan begitu tiba langsung melakukan tour keliling, sebelum makan malam," katanya.

Menurut Demmi Chang, dari antara romobongan tersebut, sekitar lima orang sudah pernah mengunjungi Manado sebelumnya dan sisanya adalah kali pertama mengunjungi Manado, Sulawesi Utara.

Dia mengatakan para wisatawan tersebut akan mengunjungi Bunaken karena mau menikmati tiga atau empat spot penyelaman di Bunaken, untuk memastikan melihat dan menikmati keindahan alam bawah laut Bunaken, lalu akan berkeliling Manado dan lokasi wisata lainnya di Sulawesi Utara.***1***

(T.KR-JHB/B/N002/N002) 09-02-2015 18:22:15

Pewarta : Oleh Joyce Bukarakombang
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024